Home

PRAKTIK MEMAKAI YUKATA BERSAMA MAHASISWI JEPANG

Beritasastra - Japanese Culture Center (JCC) Fakultas Sastra Untag Surabaya kedatangan tamu seorang wanita cantik dari Jepang, yaitu Kana Takase atau yang lebih akrab dipanggil Mbak Kana (Senin, 24/9). Kedatangan Mbak Kana adalah untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada mahasiswa Sastra Jepang.  

“Saya ingin menyampaikan kepada semua orang tentang budaya Jepang seperti Yukata, origami, kaligrafi, permainan zaman dulu di Jepang, upacara minum teh, Bon Odori (juga tarian lain),” terang Mbak Kana.

Kana Takase adalah mahasiswa dari Kwansei Gakuin University. Setelah lulus S1 ini, Mbak Kana akan langsung bekerja di perusahaan penerbangan lokal di Jepang. Tujuannya datang ke Indonesia untuk belajar tentang ekonomi transportasi di Indonesia.

 

Sementara itu, ketua JCC, Khaira Imandiena Bahalwan, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa Mbak Kana hari ini akan mengajarkan dan mempraktikkan cara memakai Yukata. Yukata adalah pakaian tradisional yang digunakan yang pada musim panas.

“Cara pemakaian Yukata itu rumit dan memerlukan teknik-teknik tertentu agar hasilnya baik, sehingga kedatangan Mbak Kana ini memberikan tambahan pengetahuan tentang budaya Jepang bagi anak-anak,” kata Bu Khaira.

Lebih lanjut, Bu Khaira menambahkan jika pelatihan dan pengenalan budaya jepang oleh Mbak Kana ini akan dilakukan secara berkala setiap Selasa di JCC. Untuk Selasa minggu depan, Mbak Kana akan membimbing mahasiswa untuk praktik langsung memakai Yukata dengan obi (sabuk) tanpa perekat.

    

 Antusiasme Mahasiswa

Pengenalan budaya Jepang oleh Mbak Kana ini disambut baik oleh mahasiswa Prodi Sastra Jepang. Sekira sepuluh (10) mahasiswa terlihat penuh semangat mengikuti pelatihan.

“Kali ini, pemakaian Yukata masih dilakukan oleh Mbak Kana kepada kami. Minggu depan baru kami akan mempraktikkan memakai sendiri. Jadi, minggu depan saya pasti akan datang,” ujar Gadis, salah satu mahasiswa Sastra Jepang.

Menurut Gadis, pelatihan pengenalan budaya Jepang ini merupakan kegiatan yang menarik. Pelatihan dengan dibimbing langsung oleh pelaku budaya asli dari terasa lebih berbeda. Hal ini tentunya menjadi daya tarik lebih bagi peserta. (dhe) 

  

 


 


Informasi :
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Telp. 031-5921516 ; email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.