PEDOMAN AKADEMIK

BAB I

 MENGENAL FAKULTAS SASTRA

 

1.1 Sejarah Fakultas Sastra

Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris didirikan berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya Nomor: 080B/SK/YP/VI/86 tanggal 30 Juni 1986 dan mendapat status “Terdaftar” dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0657/O/1988 pada tanggal 29 Desember 1988. Status “Diakui” didapatkan pada tanggal 26 April 1993 melalui SK Dirjen Dikti Depdikbud N0. 179/Dikti/Kep/1993 dan status “Disamakan” diperoleh pada tanggal 19 Desember 1994 didasarkan pada SK Dirjen Dikti Mendikbud No 325/Dikti/Kep/1994.

Fakultas Sastra Untag Surabaya telah menjalani tiga kali perubahan nama, yaitu  Akademi Koperasi 17 Agustus 1945 Surabaya (Akademi Koperasi ini dilebur ke dalam Fakultas Ekonomi Untag), Akademi Bahasa Asing (AKABA), dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) 17 Agustus 1945 Surabaya. Fakultas Sastra menyelenggarakan Ujian Negara Cicilan untuk pertama kali pada Semester Genap tahun 1988-1989. Sejak itu Fakultas Sastra melaksanakan Ujian Negara setiap semester.

Pada tahun ajaran 1994/1995 Fakultas Sastra membuka program studi baru yaitu program studi Bahasa Jepang yang mendapat status “Terdaftar” berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 132/Dikti/Kep/1994. Terakhir Fakultas Sastra dengan Program Studi Sastra Inggris telah “Terakreditasi” sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 tertanggal 14 Maret 2015 dengan peringkat Akreditasi B, sedangkan Program Studi Sastra Jepang “Terakreditasi” sesuai Surat Keputusan BAN-PT Nomor 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tertanggal 29 Desember 2014 dengan peringkat Akreditasi B.

 

1.2  Visi dan Misi

1.2.1 Visi Fakultas Sastra Untag Surabaya

Terwujudnya Fakultas Sastra yang unggul dalam pengembangan ilmu bahasa , sastra, dan budaya berbasis nilai dan karakter bangsa

 

1.2.1.1 Visi Prodi Sastra Inggris

Menjadi Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris yang unggul dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra Inggris berbasis nilai dan karakter bangsa

 1.2.1.2 Visi Prodi Sastra Jepang

Menjadi Program Studi Sastra Jepang yang unggul dalam pengembangan ilmu bahasa dan budaya Jepang berbasis nilai dan karakter bangsa

 1.2.2 Misi Fakultas Sastra Untag Surabaya

Fakultas Sastra Untag Surabaya memiliki misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya dengan mengacu pada standar pendidikan nasional dan internasional.
  2. Menciptakan academic atmosphere yang mendukung berkembangnya minat untuk menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya.
  3. Memberdayakan (empowering) sumberdaya Fakultas Sastra Untag Surabaya serta menggalang jejaring (networking) dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 1.2.2.1 Misi Prodi Sastra Inggris

Untuk mewujudkan visi di atas maka Prodi Sastra Inggris melakukan misi antara lain:

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris dengan mengacu pada standar pendidikan nasional dan internasional.
  2. Menciptakan academic atmosphere yang mendukung berkembangnya minat untuk menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris.
  3. Memberdayakan (empowering) sumberdaya Prodi bahasa dan sastra Inggris serta menggalang jejaring (networking) dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya  pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  1.2.2.2 Misi Prodi Sastra Jepang

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Jepang dengan mengacu pada standar pendidikan nasional dan internasional.
  2. Menciptakan academic atmosphere yang mendukung berkembangnya minat untuk menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang.
  3. Memberdayakan (empowering) sumberdaya Program Studi Sastra Jepang serta menggalang jejaring (networking) dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya  pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat .

 1.3 Tujuan Fakultas Sastra Untag Surabaya

Tujuanyang akan dicapai Fakultas Sastra Untag Surabaya antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan Fakultas Sastra Untag Surabaya dengan kompetensi diakui secara nasional dan internasional, beridentitas nilai, dan karakter bangsa.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya dengan mutu diakui  secara nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan karya-karya inovatif produktif dalam bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan manusia.

 1.3.1  Tujuan Prodi Sastra Inggris

  1. Menghasilkan lulusan Prodi bahasa dan sastra Inggris yang kompetensinya diakui secara nasional dan internasional beridentitas nilai dan karakter bangsa.
  2. Menghasilkan karya-karya  ilmiah dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris yang mutunya diakui secara nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan karya-karya inovatif produktif dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan manusia.

 1.3.2 Tujuan Prodi Sastra Jepang

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu Bahasa Jepang yang kompetensinya diakui secara nasional dan internasional beridentitas nilai dan karakter bangsa.
  2. Menghasilkan karya-karya  ilmiah dalam bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang yang mutunya diakui secara nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan karya-karya inovatif produktif dalam bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan manusia.

 1.4       Tata Pamong

1.4.1   Struktur Organisasi

Fakultas Sastra Untag Surabaya dipimpin oleh Dekan berada di bawah Universitas. Dalam operasinya, Fakultas Sastra Untag Surabaya didukung oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Program Studi Bahasa Jepang, Laboratorium Bahasa, dan Pusat Layanan Bahasa (Language Service Centre atau LSC).

 

Struktur Organisasi Fakultas Sastra

 

REKTOR

UNTAG SURABAYA

DEKAN

FAKULTAS SASTRA

 

SENAT

AKADEMIK

FAKULTAS

 

GUGUS

PENJAMINAN

MUTU

PRODI

SASTRA INGGRIS

PUSAT LAYANAN BAHASA

PRODI

SASTRA JEPANG

KA. LAB.

BAHASA

INGGRIS

KA. LAB.

BAHASA JEPANG

 

WAKIL DEKAN

BAGIAN

TATA USAHA & PENGAJARAN

 

1.4.2  Personil

Personil Fakultas Sastra Untag terdiri dari:

  1. Pimpinan Fakultas Sastra Untag Surabaya

Dekan             : Drs. Danu Wahyono, M.Hum

Wakil Dekan   : Umul Khasanah, S.Pd., M.Lit

  1. Pejabat Jurusan/Program Studi Sastra Inggris

Ketua              : Linusia Marsih, SS., M.Pd

  1. Pejabat Jurusan/Program Studi Sastra Jepang

Ketua              :  Zida Wahyuddin, S.Pd., M.Si

  1. Pejabat Gugus Penjaminan Mutu Fakultas

Ketua              :  Mateus Rudi Supsiadji, SS., M.Pd.

  1. Kepala Laboratorium Bahasa

Inggris             : Valantino A. Pamolango, SS., M.Hum

Jepang            : Novi Andari, SS., M.Pd

  1. Pusat Layanan Bahasa

Ketua              : Dra. Pininta Veronika Silalahi, M.Pd

Sekretaris       : Sunu Budiarto

Bendahara      : Didik Zunaudi

 

 

1.4.3   Tugas dan Fungsi

a.   Dekan Fakultas Sastra 

Dekan Fakultas Sastra Untag Surabaya dalam menjalankan tugas bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Adapun tugas dekan antara lain: (1) memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat; (2) membina tenaga edukatif, tenaga administrasi, dan mahasiswa; (3) memimpin dan mengkoordinasi beberapa program studi yang ada di Fakultas Sastra Untag Surabaya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Dekan dibantu oleh Wakil Dekan.     

 b.  Wakil Dekan

Wakil Dekan bertanggung jawab kepada dekan dan bertugas membantu dekan dan Ketua Jurusan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat keuangan dan administrasi umum dan bidang kemahasiswaan dan kegiatan yang bersifat lebih kokurikuler.

 

c.  Ketua Program Studi

Ketua program studi bertanggung jawab kepada dekan dan bertugas: (1) memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada  masyarakat; (2) membina tenaga edukatif  dan  mahasiswa program studi; (3) memimpin dan mengkoordinasi  matakuliah laboratorium yang ada di Fakultas Sastra.

 

d.   Kepala Laboratorium Bahasa

Kepala Laboratorium Bahasa bertanggung jawab kepada Dekan. Kepala Laboratorium Bahasa bertugas: (1) mengkoordinasikan kelas-kelas yang menggunakan Laboratorium Bahasa di lingkungan Fakultas dan Universitas; (2) mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan penggunaan Laboratorium Bahasa untuk pelatihan ketrampilan bahasa.

               e.  Pusat Layanan Bahasa

Pusat Layanan Bahasa atau Language Service Centre (LSC) merupakan unit nonstruktural yang berada di bawah koordinasi Dekan. Bidang yang ditangani oleh LSC meliputi:

  1. English Service: a) Institutional TOEFL; b) Translation; c) General English and TOEFL Courses, Japanese for Special Purpose
  2. Japanese Service: a) Scholarship Preparation; b) General Japanese
  3. Indonesian Service: a) Indonesian Course (for Expatriates); b) Indonesian Editing
  4. Self-access Service (untuk mahasiswa).

 

f.   Unsur Pelaksanaan Administratif

Dalam melaksanan tugas sehari-hari Pimpinan Fakultas dan Jurusan dibantu oleh tenaga administrasi, baik di bidang administrasi akademis, keuangan, umum, dan  kemahasiswaan.

  1. Bagian Administrasi Akademik

Bagian ini mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pembantu Dekan Fakultas  bidang akademik, bidang pendidikan  dan pengajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Bagian Administrasi Akademik meliputi: a) perencanaan pengajaran; b) administrasi akademik; c) pengembangan tenaga akademik; dan d) mahasiswa dan alumni.

 

 

  1. Bagian Administrasi Umum dan Keuangan

Bagian ini mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Wakil Dekan bidang administrasi umum dan keuangan. Kegiatan Bagian Administrasi Umum dan Keuangan meliputi: a) administrasi umum; b) keuangan; c) kepegawaian; dan d) kesekretariatan

       

1.4.4      Mekanisme Tata Pamong

Struktur organisasi  Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya disusun  berdasarkan acuan dari peraturan pemerintah No. 60 tahun 1999 tanggal 24 Juni 1999 tentang pendidikan tinggi di Indonesia yang ditetapkan oleh  Presiden Republik Indonesia. Hal ini bertujuan agar dapat menampung seluruh aktivitas dalam rangka pencapaian tujuan universitas.

Dalam struktur organisasi tergambar fungsi-fungsi pengambil keputusan, pelaksana dan pembantu pelaksana dalam rangka pengelolaan sumber daya fisik dan dana pendidikan, serta evaluasi, monitoring masukan, proses dan luarannya. Adapun fungsi pengambilan keputusan ada pada Dekan Fakultas Sastra, sedangkan ketua program studi adalah unsur pelaksanaan akademik.

Fakultas Sastra Untag Surabaya dipimpin oleh seorang Dekan dan dibantu seorang Wakil Dekan. Di bawahnya terdapat program studi Sastra Inggris dan program studi Sastra Jepang yang dipimpin oleh seorang ketua program studi untuk mengelola kegiatan administrasi pendidikan dan akademik. Fakultas Sastra Untag Surabaya juga memiliki laboratorium untuk mata kuliah yang bersifat teknis.

Persyaratan latar belakang pendidikan, kemampuan, keterampilan akademik dan atau unsure strative merupakan persyaratan utama dalam penempatan personil yang menduduki posisi pada organisasi program studi Sastra Inggris dan Sastra Jepang di Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, diperlukan kesiapan dan total komitmen yang tinggi di antara unsur manajemen terhadap dosen, dosen terhadap mahasiswa, dan mahasiswa terhadap dosen maupun manajemen. Hal ini adalah merupakan mata rantai yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

 

 

1.5    Tenaga Pendidik dan Kependidikan

 

Tenaga Pendidik Program Studi Sastra Inggris

 

NO

NAMA

JABATAN AKADEMIK

1

Dr. Tri Pramesti , M.S.

Lektor Kepala

2

Drs. Y.B. Agung Prasaja, M.Hum

Asisten Ahli

3

Dra. Sudarwati , M.Si., M.Pd

Lektor Kepala

4

Dra. Anik Cahyaning Rahayu, M.Pd.

Lektor

5

Ni Ketut Mirahayuni, Ph.D.

Lektor

6

Dra. Pininta Veronika Silalahi, M.Pd.

Lektor

7

Drs. Danu Wahyono, M.Hum.

Lektor

8

Dra. Susie Chrismalia Garnida, M.Pd

Lektor

9

Ambar Andayani, SS., M.Pd

Lektor

10

Mateus Rudi Supsiadji, S.S., M.Pd

Lektor

11

Linusia Marsih, S.S., M.Pd

Lektor

12

Valantino A. Pamolango, SS., M.Hum

Tenaga Pengajar

13

Dheny Jatmiko, S.Hum., MA

14

Adeline Grace L., SS., M.Pd

 

Tenaga Pendidik Sastra Jepang

 

NO

NAMA

JABATAN AKADEMIK

1

Drs. Cuk Yuana, M.Hum

Lektor

2

Umul Khasanah , S.Pd. M.Lit

Asisten Ahli

3

Dra. Endang Poerbowati, M.Pd

Asisten Ahli

4

Dra. Eva Amalijah, M.Pd

Lektor

5

Novi Andari, SS., M.Pd

Asisten Ahli

6

Zida Wahyuddin, S.Pd., M.Si

Asisten Ahli

7

Khaira Imandiena B., S.Pd., M.Si

TenagaPengajar

 

 

 

Tenaga Kependidikan Fakultas Sastra

 

NO

NAMA

JABATAN

1

Drs. Daryanto

Kabag Tata Usaha

2

Dra. Ririn Retno Ariany

Ka. Subbag. Akademik

3

Fonny Grace Panduu, SH

Ka. Subbag. Umum

4

Drs. John Andrey N.P.

Staf 

5

Didik Zunaudi

Staf 

6

Sukardi

Staf/Driver

7

Moh. Syahroni

Staf

8

Sumardi

Staf

9

Mahmudi

Staf

10

Soepadi, SH., MH

Pengelola Perpustakaan

11

Sunu Budiarto

Teknisi Laboratorium

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 SISTEM PENDIDIKAN

 

2.1 Cara Penyelenggaraan Pendidikan

Kompetensi Strata Satu (S1) adalah seperangkat pengetahuan/keterampilan yang siap untuk dikembangkan setelah mahasiswa menyelesaikan program S1 tersebut. Berdasarkan kompetensi tersebut, disusun kurikulum dengan tujuan instruksional serta pokok-pokok bahasannya. Sistem pendidikan berdasarkan kompetensi dimaksud dikenal dengan nama Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Kredit Semester, beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga/unit pendidikan dinyatakan dalam kredit.

Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan durasi program jenjang pendidikan. Program jenjang pendidikan lengkap dari awal sampai akhir dibagi dalam penyelenggaraan semesteran. Usaha mahasiswa dalam menyelesaikan program satu jenjang lengkap, dibagi ke dalam usaha semesteran. Setiap awal semester seorang mahasiswa harus merencanakan program studinya pada semester itu dan harus bersedia dievaluasi keberhasilannya pada setiap akhir semester.

Penyelenggaraan pendidikan semester dalam bentuk kuliah, Tutorial, Praktek Kerja Lapangan, Kuliah Kerja Nyata dan Skripsi, akan diumumkan pada setiap awal semester. Satu semester berdurasi kurang lebih 22 minggu yang terbagi atas 16-18 minggu kerja untuk penyelenggaraan program belajar mengajar, evaluasi/ujian-ujian akhir semester, selebihnya adalah untuk minggu tenang dan lain-lain. Jenjang lengkap program pendidikan Sarjana S-1 adalah 8 semester, dengan sebutan semester 1, semester 2 dan seterusnya. Semester 1, 3, 5, 7 disebut Semester Gasal, sedangkan semester 2, 4, 6, 8 disebut Semester Genap.

Untuk memperlancar studi mahasiswa, mata kuliah Kerja Profesi dan Karya Seni/Skripsi diselenggarakan pada setiap semester dengan mengikuti apa yang ditetapkan oleh program studi & pembimbing yang bersangkutan.

Satuan kredit semester (sks) adalah suatu satuan untuk menyatakan: (1) takaran besar beban program pendidikan dalam satu semester; (2) takaran penghargaan bagi mahasiswa terhadap pengalaman dan hasil belajar yang diperoleh melalui 1 jam per minggu kegiatan terjadwal, diiringi oleh 2 sampai 4 jam per minggu tugas lain yang terstruktur selama 1 semester, ataupun tabungan pengalaman dan hasil belajar lain yang setara.

Dalam melaksanakan tugas institusional penyelenggaraan fungsi pendidikan tinggi, takaran besar beban kerja bagi tenaga edukatif/ pengajar/dosen disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sistem Kredit berarti sistem penghargaan terhadap prestasi, diantaranya prestasi mahasiswa dalam bidang pengalaman belajar dalam rangka memenuhi syarat-syarat program pendidikan yang diikuti.

 

 

 

2.2 Ujian

Penyelenggaraan ujian dimaksudkan untuk: (1) menilai apakah mahasiswa telah memahami atau menguasai bahan bahasan yang disajikan dalam kuliah, (2) mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa golongan berdasarkan kemampuan, (3) menilai apakah bahan kuliah disajikan sesuai dalam kurikulum, dan (4) mengetahui apakah cara penyajian dosen cukup baik.

Ujian tengah semester diadakan setelah selesai pembahasan beberapa pokok bahasan sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Ujian akhir semester diadakan setelah semua bahan perkuliahan diberikan dalam semester tersebut. Ujian dapat dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis, ujian lisan, ujian seminar, pemberian tugas, penulisan karangan, sesuai dengan jenis mata kuliah dan tujuan kurikuler.

 

2.2.1  Ujian Mata Kuliah

Ujian untuk setiap mata kuliah terdiri dari dua bentuk yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). UTS dan UAS dilaksanakan masing-masing hanya satu kali tiap semester yang bersangkutan.

 

2.2.2  Ujian Tugas Akhir

Ujian Tugas Akhir/skripsi dilakukan terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan penyusunan Laporan Tugas Akhir/Skripsi. Mekanisme Ujian Tugas Akhir/Skripsi diatur dalam buku Panduan Tugas Akhir/Skripsi masing-masing jurusan.

 

2.2.3  Hak Mengikuti Ujian

Hak untuk mengikuti ujian diberikan kepada: (1) mahasiswa Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang terdaftar secara administratif pada semester atau tahun perkuliahan yang berjalan dan terdaftar untuk mata kuliah atau ujian yang bersangkutan; (2) mahasiswa yang tidak terkena sanksi akademis, dan tidak sedang cuti kuliah; (3) memenuhi persyaratan akademis lainnya misal syarat kehadiran kuliah minimal 70% dll, yang ditetapkan kemudian; (4) telah menyelesaikan semua kewajiban administrasi / keuangan.

 

2.3      Sistem Penilaian

Pedoman penilaian keberhasilan dinyatakan dalam bentuk huruf A, A-, A/B, B+, B, B-, BC, C+, C, C-, C/D, D, dan E.   Komposisi penilaian yang diberikan kepada seorang mahasiswa meliputi: tugas 20%, ujian tengah semester 30%, ujian akhir semester 50%.

Acuan penilaian suatu mata kuliah dapat dilakukan menurut Penilaian Acuan Patokan (PAP). Acuan penilaian PAP terutama dikenakan pada mata kuliah keahlian yang menitik beratkan pembinaan kemampuan psikometrik profesional mahasiswa. Acuan mana yang digunakan untuk suatu Mata Kuliah diumumkan pada permulaan kuliah.

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Acuan Patokan (PAP)

 

P A P

NILAI

BOBOT

≥ 85

A

4

80 – 84,99

A-

3,75

75 – 79,99

A/B

3,50

70 – 74,99

B+

3,25

65 – 69,99

B

3,00

60 – 64,99

B-

2,75

55 – 59,99

B/C

2,50

50 – 54,99

C+

2,25

45 – 49,99

C

2,00

40 – 44,99

C-

1,75

35 – 39,99

C/D

1,50

 30 – 34,99

D

1,00

0 – 29,99

E

0

 

 

2.4     Beban Studi dalam Semester

2.4.1 Beban Studi Mahasiswa

Beban program studi mahasiswa dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (sks). Beban studi mahasiswa dalam satu semester adalah jumlah nilai kredit dapat diambil oleh mahasiswa dalam semester yang bersangkutan. Besar beban studi mahasiswa untuk semester pertama ditentukan oleh paket yang besarnya sesuai dengan beban studi pada semester satu. Besar beban studi mahasiswa yang dapat diambil pada tiap semester berikutnya tergantung pada prestasi mahasiswa yang bersangkutan yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi (IP) pada semester sebelumnya.

 

 

2.4.2  Indeks Prestasi

Indeks Prestasi (IP) adalah nilai kredit rata-rata yang merupakan satuan nilai akhir yang menggambarkan mutu proses belajar-mengajar tiap semester atau secara singkat dapat diartikan: besaran/angka yang menyatakan prestasi (keberhasilan proses belajar mengajar) mahasiswa pada satu semester.

Indeks Prestasi (IP) adalah jumlah angka kualitas dibagi dengan jumlah kredit pada satu semester dan dinyatakan dalam bilangan dengan dua angka di belakang koma, dengan rumus:

 

 

dimana:

 

K

Jumlah sks (satuan kredit semester) dari mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa dalam semester yang bersangkutan.

N

Nilai bobot masing-masing mata kuliah.

K x N

Angka kualitas.

  

   Untuk menghitung IP, nilai huruf diubah menjadi nilai bobot.

 

2.4.3  Indeks Prestasi Kumulatif

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah jumlah angka kualitas kumulatif, dibagi jumlah angka kredit kumulatif sejak semester pertama sampai evaluasi terakhir dilakukan, dengan rumus:

 

 

dimana:

 

K kum

Jumlah sks keseluruhan mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa mulai semester pertama sampai semester pada evaluasi terakhir.

N

Nilai bobot masing-masing mata kuliah yang diambil sejak semester pertama sampai semester pada evaluasi terakhir.

 

Perhitungan IP pada setiap semester bertujuan untuk memperoleh takaran atas prestasi seorang mahasiswa dan untuk menentukan besamya beban studi yang dapat diambil olehnya pada semester berikutnya.

Tabel berikut ini menjelaskan tentang jumlah sks maksimal yang boleh diambil oleh seorang mahasiswa berdasarkan IP Semester yang diperoleh. Sedangkan untuk Semester I jumlah SKS yang bisa diambil sudah ditetapkan secara paket.

 

 

Penunjukkan Beban Studi Maksimal

 

IP Semester Terakhir

SKS semester II keatas

³ 3,00

2,00 s/d 2,99

 < 2,00

22 sks - 24 sks

19 sks - 21 sks

18 sks

2.5   Evaluasi Keberhasilan Studi

Evaluasi studi dengan Indeks Prestasi dengan menghitung Indeks Prestasi, nilai huruf diubah setara dengan bobot yang dinyatakan pada tabel sistem penilaian. Evaluasi keberhasilan studi dilakukan sekurang-kurangnya pada akhir tiap semester, pada akhir tahun pertama, akhir tahun kedua dan pada akhir jenjang pendidikan Strata-1.

 

2.5.1      Evaluasi Keberhasilan Studi Empat Semester Pertama

  1. Pada akhir dua tahun pertama atau empat semester perkuliahan terhitung mulai saat mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Sastra Untag Surabaya, keberhasilan studi  mahasiswa dievaluasi untuk menentukan apakah yang bersangkutan dapat atau tidak melanjutkan studinya di Fakultas Sastra Untag Surabaya.
  2. Mahasiswa dapat melanjutkan studinya apabila tahap evaluasi ini yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  3. Telah memenuhi minimal 30 sks dengan tidak ada nilai E.
  4. Mencapai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,50 dari 30 sks tersebut.
  5. Jika mahasiswa telah mengumpulkan lebih dari 30 sks, maka IPK dihitung dari 30 sks yang mempunyai nilai terbaik sehingga tercapai nilai IPK terbaik 2,50 (dua kama lima-nol)
  6. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut, tetapi kekurangannya masih memungkinkan untuk dipertimbangkan, dapat mengajukan permohonan kebijakan untuk melanjutkan studi dengan persetujuan Wakil Rektor I.
  7. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut serta kekurangannya tidak memungkinkan untuk dipertimbangkan, maka akan dinyatakan berhenti studi tetap (Drop-Out)

 

2.5.2      Evaluasi Keberhasilan Studi Delapan Semester Pertama (Empat tahun pertama)

  1. Pada akhir semester kedelapan atau 4 (empat tahun) terhitung mulai saat mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Sastra Untag Surabaya, keberhasilan studi mahasiswa dievaluasi untuk menentukan apakah yang bersangkutan dapat atau tidak dapat melanjutkan studinya di Fakultas Sastra Untag Surabaya.
  2. Mahasiswa yang dapat melanjutkan studinya adalah yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  3. Telah berhasil mengumpulkan 80 sks
  4. Mencapai IPK minimal 2,50 (dua koma lima-nol) dari 80 sks
  5. Bilamana mahasiswa telah mengambil  lebih dari 80 sks, maka IPK dihitung berdasarkan sks yang mempunyai nilai terbaik.
  6. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut, tetapi kekurangannya masih memungkinkan untuk dipertimbangkan, dapat mengajukan permohonan kebijakan untuk melanjutkan studi dengan persetujuan Wakil Rektor I.
  7. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut serta kekurangannya tidak memungkinkan untuk dipertimbangkan, maka akan dinyatakan berhenti studi tetap (Drop-Out)

 

2.5.3      Evaluasi Keberhasilan Studi Dua Belas Semester Pertama (enam tahun pertama)

  1. Pada akhir semester keduabelas atau 6 (enam tahun) terhitung mulai saat mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Sastra Untag Surabaya, keberhasilan studi mahasiswa dievaluasi untuk menentukan apakah yang bersangkutan dapat atau tidak dapat melanjutkan studinya di Fakultas Sastra Untag Surabaya.
  2. Mahasiswa yang dapat melanjutkan studinya adalah yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  3. Telah berhasil mengumpulkan minimal 130 sks
  4. Mencapai IPK minimal 2,50 (dua koma lima-nol) dari 130 sks
  5. Bilamana mahasiswa telah mengambil  lebih dari 130 sks, maka IPK dihitung berdasarkan sks yang mempunyai nilai terbaik.
  6. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut, tetapi kekurangannya masih memungkinkan untuk dipertimbangkan, dapat mengajukan permohonan kebijakan untuk melanjutkan studi dengan persetujuan Wakil Rektor I.
  7. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan IPK tersebut serta kekurangannya tidak memungkinkan untuk dipertimbangkan, maka akan dinyatakan berhenti studi tetap (Drop-Out)

 

2.5.4  Evaluasi Keberhasilan Studi Akhir Program S-1

  1. Seorang mahasiswa dinyatakan telah berhasil menyelesaikan studi Program Sarjana (S-1) apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1. Telah menempuh semua matakuliah yang telah ditetapkan oleh Fakultas Sastra Untag Surabaya.
    2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50
    3. Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pendi-dikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan minimal C
    4. Tidak boleh ada nilai E
    5. Nilai D maksimal 1 mata kuliah
    6. Lulus ujian skripsi/tugas akhir minimal B (2 sks)
    7. Keberhasilan studi pada akhir program studi seorang mahasiswa dicantumkan dalam daftar hasil Studi Kumulatif (transkrip)
    8. Batas Waktu Studi.
      1. Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan jenjang studi Sarjana (S-1) sekurangnya adalah 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester efektif terhitung saat mahasiswa tersebut terdaftar pertama kali sebagai mahasiswa tahun pertama pada Fakultas Sastra Untag Surabaya, kecuali mahasiswa yang tidak lolos dalam evaluasi dengan 4 (empat) semester pertama atau 2 (dua) tahun perkuliahan.
      2. Apabila dalam waktu yang disediakan dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) belum selesai (lulus), tetapi kekurangannya masih memungkinkan untuk dipertimbangkan karena mahasiswa pernah cuti studi, pindah tugas, sakit dll dapat mengajukan permohonan kebijakan khusus, untuk melanjutkan/menyelesaikan studi dengan memperpanjang masa studi.
      3. Bagi mahasiswa yang telah diberikan khusus (perpanjangan masa studi), namun masih belum selesai (lulus) maka seorang mahasiswa sudah tidak dapat melanjutkan studi di Fakultas Sastra Untag Surabaya.
      4. Bagi mahasiswa yang tidak melunasi kewajiban keuangan dalam batas waktu yang telah ditetapkan maka dianggap tidak terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang berjalan, tetapi waktu tersebut tetap diperhitungkan dalam waktu studi secara keseluruhan.
      5. Batas waktu studi mahasiswa pindahan sama yaitu maksimal kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) terhitung masa studi efektif yang telah dimanfaatkan pada Perguruan Tinggi asal, sehingga masa studi di Fakultas Sastra Untag Surabaya adalah sisa waktu setelah dikurangi masa studi dari Perguruan Tinggi asal.

 

 

  1. Perbaikan Nilai.

Bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai, diperkenankan untuk mengambil kembali kegiatan pendidikan yang pernah diikuti dalam batas waktu yang diijinkan. Nilai yang dipergunakan untuk menghitung Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai tertinggi yang pernah dicapai.

 

2.6      Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Strata-1 di Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya seorang mahasiswa harus mampu menyusun dan mempresentasikan serta mempertahankan Skripsi atau menempuh Ujian komprehensif di depan tim penguji. Penyusunan Skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa harus relevan dengan ketentuan jurusan. Penyusunan Skripsi dilakukan secara perorangan yang dibantu oleh dosen pembimbing yang dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan.

 

2.7      Gelar Akademik

Mahasiswa berhak menyandang gelar kesarjanaan dari Fakultas Sastra Untag Surabaya  apabila telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti yudicium dan wisuda. Yudisium adalah rapat senat Fakultas untuk menentukan kelulusan mahasiswa. Gelar yang akan diberikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang hal ini, yaitu Sarjana Sastra (S.S.)

 

 

2.8      Penasihat Akademik

Penasihat Akademik adalah tenaga edukatif Fakultas Sastra, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang diangkat dan diberi tugas dan tanggung jawab untuk membimbing sejumlah mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi sesuai dengan waktu yang ditentukan, sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya dan memperoleh hasil optimal. Penasihat Akademik mempunyai tugas membantu kelancaran studi mahasiswa, baik bidang akademik maupun nonakademik, antara lain:

1)    Memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang: (a) cara menyusun rencana studi; (b) menjelaskan kebijaksanaan studi dengan memberikan pertimbangan kepada mahasiswa tentang banyaknya kredit mata kuliah yang dapat diambil untuk semester yang akan datang.

2)    Membantu, mengamati/mengendalikan dan memacu kelancaran studi mahasiswa asuhannya tentang:

  1. kelancaran mengikuti perkuliahan,
  2. teknik mengikuti perkuliahan,
  3. cara menggunakan kepustakaan dan teknik membaca buku, 
  4. memperkenalkan sumber-sumber belajar;
  5. cara belajar dan pengetahuan waktu yang tepat;
  6. mencatat kemajuan/keberhasilan belajar;
  7. menyalurkan mahasiswa tertentu yang mengalami hambatan studi kepada dosen pengasuh mata kuliah/Tutorial, dan bila pelu dengan bantuan konselor mahasiswa/psikolog Untag;
  8. memberikan bantuan yang menyangkut masalah-masalah yang berhubungan dengan pribadi mahasiswa (penyesuaian lingkungan, watak dan lain-lain);
  9. menyediakan waktu yang terjadwal (contact hours) dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkonsultasi;
  10. mengadakan pertemuan-pertemuan yang komunikatif, baik dengan pimpinan fakultas, pimpinan jurusan, konselor universitas maupun mahasiswa asuhannya demi kelancaran tugasnya;
  11. membina saran-saran yang kreatif;
  12. mampu mengenal serta memahami tujuan dan fungsi pendidikan tinggi serta kedudukannya dalam negara dan masyarakat Indonesia;
  13. mampu mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang merupakan pendukung dan penghambat kelancaran proses pendidikan tinggi, khususnya unsur-unsur dalam kampus, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas studi;
  14. membuat laporan secara lisan dan tertulis secara berkala (periodik) kepada ketua prodi/dekan.

 

 

2.9  Alur Penyusunan Rencana Studi

Ujian Akhir Semester merupakan tanda berakhirnya semester yang ditempuh, dan awal semester berikutnya dimulai dengan pemprograman matakuliah yang akan ditempuh pada semester tersebut. Pemrograman matakuliah ini umum disebut sebagai Perwalian. Untuk melaksanakan perwalian ini, ada prosedur yang wajib diikuti.

  1. Perwalian dilakukan secara online, user name dan password diambil di Fakultas Sastra Untag Surabaya.
  2. Pengambilan user name dan password harus dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dan tidak boleh diwakilkan.
  3. Waktu perwalian ditentukan oleh universitas dan bisa diketahui melalui kalender akademik. Perubahan waktu perwalian dari yang tertera pada kalender akademik akan segera diberitahukan melalui surat edaran rektor. Tanggal perwalian per angkatan diatur oleh universitas.
  4. Masih mempunyai masa studi dan telah melakukan heregistrasi semester dan sudah membayar SPP sampai dengan bulan pada waktu melakukan perwalian
  5. Mahasiswa yang cuti atau tidak aktif pada semester sebelumnya harus mengurus Surat Aktif Kembali ke Bagian Akademik.
  6. Pemrograman matakuliah berdasarkan pada:
  7. daftar matakuliah yang ditawarkan untuk semester yang berjalan;
  8. jumlah kredit yang boleh diambil berdasarkan nilai IPK pada semester  sebelumnya;
  9. matakuliah prasyarat.
    1. Pilihan kelas harus sesuai dengan kelas pada waktu mendaftar masuk Untag Surabaya. Mahasiswa yang terdaftar pada kelas pagi hanya boleh memprogram matakuliah yang ditawarkan untuk kelas pagi, dan sebaliknya mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa kelas malam hanya boleh memprogram matakuliah yang ditawarkan untuk kelas malam. Jika matakuliah yang ditawarkan hanya pagi atau malam, mahasiswa mengambil kelas tersebut.
    2. Mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta kelas pagi dapat mengajukan pindah sebagai peserta kelas malam ke bagian Akademik.
    3. Setelah ada hasil perwalian, terdapat penutupan beberapa kelas matakuliah yang dikarenakan jumlah peserta kecil, maka mahasiswa harus mengecek matakuliah yang sudah diprogram secara online. Jika ada matakulah yang ditutup mahasiswa dapat melakukan KPRS (Jadwal ditetapkan Universitas) dengan mengambil matakuliah dan kelas yang masih ada. Apabila selesai agar dicetak sebagai bukti sudah mengikuti perwalian dan tanpa persetujuan dosen wali atau kaprodi. Kelas matakuliah yang pesertanya besar, dipecah menjadi 2 (dua) kelas dengan hari dan jam sama.
      1. Mahasiswa tidak diperbolehkan mengganti jadwal, kecuali kelas ditutup.
      2. Mahasiswa yang belum mengikuti perwalian sampai dengan waktu yang telah ditentukan harus mengajukan Cuti Studi Sementara di Bagian Akademik. Apabila sampai dengan waktu yang telah ditentukan, mahasiwa tidak melakukan Cuti Sementara maka mahasiswa tersebut diputuskan tidak aktif.
      3. Jika terjadi kesulitan teknis dalam perwalian online, mahasiswa bisa menghubungi BSI di Graha Wiyata Lt. 1.

BAB III

 

PROGRAM STUDI DAN KURIKULUM

 

 

3.1   Kompetensi dan Profesi Program Studi

3.1.1 Program Studi Sastra Inggris

3.1.1.1 Kompetensi Program Studi Sastra Inggris

Tujuan program pendidikan sarjana Sastra Inggris di Untag Surabaya adalah memberikan ketrampilan berbahasa Inggris, pemahaman terhadap budaya negara-negara berbahasa Inggris, dan melatih kemampuan berpikir analitis dan logis mahasiswa.  Atas dasar tujuan program studi tersebut secara singkat dapat dikatakan bahwa kompetensi lulusan Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra Untag Surabaya adalah menghasilkan Sarjana Sastra Inggris yang fasih berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dan memiliki daya pikir logis dan analitis.

Secara khusus profil Lulusan Bahasa Inggris FS Untag Surabaya dijabarkan sebagai berikut:

  1. Terampil berbahasa Inggris (prediksi TOEFL Score 500–550);
  2. Berpikir logis dan analitis;
  3. Mengetahui dasar-dasar sastra;
  4. Berpengetahuan dasar-dasar linguistik;
  5. Memahami konsep-konsep budaya negara-negara berbahasa Inggris;
  6. Terampil dalam penerjemahan teks-teks berabahasa Inggris;
  7. Mampu bercakap-cakap dalam bahasa internasional lain (Jepang, Korea, Jerman);
  8. Berpengetahuan memadai dalam bidang pengajaran, bisnis perdagangan, pariwisata;
  9. Mengerti dasar-dasar metode penelitian;
  10. Terampil dalam bidang organisasi dan manajemen.

 

3.1.1.2 Profesi Lulusan Program Studi Sastra Inggris

Dengan ketrampilan dan pengetahuan seperti tergambar di atas, seorang lulusan Sarjana Sastra Inggris FS Untag Surabaya dapat terjun menekuni pekerjaan-pekerjaan dalam bidang sebagai berikut:

  1. Pengajar bidang studi bahasa Inggris;
  2. Kritikus sastra, penulis cerpen/novel sastra;
  3. Penerjemah atau editor untuk surat kabar, majalah, buku, dll.;
  4. Pegawai/karyawan madya di biro pariwisata, hotel, perusahaan ekspor-impor, perusahaan bisnis, dan tempat lainnya;
  5. Pegawai pemerintah (PNS) terutama di departemen luar negeri, pos telekomunikasi dan pariwisata, perhubungan dan di kepolisian sebagai polisi pariwisata;
  6. Karyawan perkantoran swasta di bagian public relation dan Diklat;
  7. Pegawai lokal di kedutaan besar (Kedubes) atau konsulat jenderal (Konjen), misalnya: di seksi budaya, pendidikan dan humas;
  8. Membuka usaha sendiri (self-emplyoyed) di bidang kursus bahasa, biro penerjemah, travel agency, atau usaha ritel;
  9. Siap melanjutkan studi ke jenjang S2.

 

3.1.2  Program Studi Sastra Jepang

3.1.2.1 Kompetensi Program Studi Sastra Jepang

Tujuan umum Program Studi Sastra Jepang adalah untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, handal dan mampu bersaing dalam mengisi lapangan kerja di pasar global dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan tujuan khusus Program Studi Bahasa Jepang adalah untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan mahir berbahasa Jepang yang bermanfaat dalam mencapai tujuan umum tersebut.

Atas tujuan di atas, kompetensi lulusan program studi Bahasa Jepang Fakultas Sastra Untag Surabaya diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut: (1) memiliki kemahiran Bahasa Jepang tingkat lanjut setara N3 atau Nihongo Noryoku Shiken N3 (Ujian kemampuan Berbahasa Jepang); (2) memiliki pengetahuan mengenai sejarah, masyarakat, budaya, kesusastraan dan linguistik Jepang yang merupakan pengetahuan dasar di dalam studi bahasa jepang; (3) memiliki ketrampilan pada penerjemahan bahasa Jepang–Indonesia secara aktif, dan Indonesia–Jepang secara pasif; (4) memiliki ketrampilan pengoperasian komputer berbahasa Jepang; (5) memiliki kemampuan yang memadai untuk bekerja di bidang usaha dengan pilihan pekerjaan bisnis dan manajemen Jepang atau penerjemahan.

3.1.2.2  Profesi Lulusan

Program Studi Sastra Jepang

Bekal keahlian dan ketrampilan yang ditawarkan Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Sastra Untag Surabaya bertujuan untuk menghasilkan Lulusan yang dapat mengembangkan dirinya dimasyarakat untuk bidang keahlian dan profesi sebagai berikut:

  1. Profesi mandiri di bidang: (a) pengajaran kemahiran bahasa atau studi Jepang secara mandiri; (b) interpreter dan atau penerjemah; (c) pemandu wisata; (d) biro penerjemah; (e) usaha pariwisata dengan jaringan turis Jepang; (f) penulis atau editor atau wartawan; (g) membuka usaha mandiri (self-employed)
  2. Profesi sebagai karyawan:
    1. Pegawai negeri: (1) menjadi staf ahli departemen, (2) menjadi staf public relation departemen, (3) menjadi instruktur bahasa di diklat departemen, (4) menjadi staf pelayanan pelanggan/hubungan internasional di bank/BUMN/departemen, (5) menjadi diplomat karir/staf administrasi di Deplu, (6) menjadi staf Pemda/TNI/Polri/ BUMN, (7) menjadi dosen PNS, dll
    2. Pegawai swasta: (1) menjadi karyawan perusahaan swasta, (2) menjadi dosen/ pengajar lembaga pendidikan swasta, (3) menjadi sekretaris, interpreter, translator perusahaan, (4) menjadi staf pelayanan pelanggan, resepsionis, pelatihan perusahaan, (5) menjadi karyawan hotel, perusahaan penerbangan, biro perjalanan, (6) menjadi penulis, wartawan, editor, jurnalis surat kabar, dan atau kantor berita dalam dan luar negeri, atau media elektronik lainnya, (7) menjadi peneliti untuk kantor-kantor konsultan.
    3. Memberikan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

3.2    Kurikulum

3.2.1      Kurikulum Program Studi Sastra Inggris

A.     Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah

 

NO

KELOMPOK MATA KULIAH

SKS

1

Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

17

2

Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

10

3

Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)

42

4

Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)

70

5

Matakuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB)

6

JUMLAH SKS

145

 

  1. Rincian Kelompok Mata Kuliah

1.Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

00.0.10.2

Pendidikan Pancasila

2

2

00.1.01.3

Pendidikan Agama Islam

2

3

00.1.02.3

Pendidikan Agama Katholik

2

4

00.1.03.3

Pendidikan Agama Kristen Protestan

2

5

00.1.04.3

Pendidikan Agama Hindu

2

6

00.1.05.3

Pendidikan Agama Budha

2

7

00.1.06.3

Pend. Kewarganegaraan

2

8

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

2

9

00.5.01.3

Ilmu Sos. Budaya Dasar (Eksakta)

3

10

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar (Sosial)

3

JUMLAH SKS

17

 

 

2.Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

 

N0

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

60.0.02.2

Pranata Masyarakat Indonesia

2

2

60.0.03.2

Logika

2

3

60.0.05.2

Estetika

2

4

60.0.06.2

Sejarah Pemikiran Modern

2

5

60.0.07.2

Metode Penelitian

2

JUMLAH SKS

10

 

 

3.Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

 

N0

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

61.1.32.2

History of English Literature

2

2

61.1.33.2

Introduction to Literature

2

3

61.1.34.2

Novel I

2

4

61.1.35.2

Drama I

2

5

61.1.36.2

Poetry I

2

6

61.1.37.2

Novel II

2

7

61.1.38.2

Drama II

2

8

61.1.39.2

Poetry II

2

9

61.1.40.2

Literary Criticism

2

10

61.1.41.3

Research on Literature

3

11

61.1.42.2

History of English Language

2

12

61.1.43.2

Introduction to Linguistics

2

13

61.1.44.2

Phonetics

2

14

61.1.45.2

Phonology

2

15

61.1.46.2

Morphology

2

16

61.1.47.2

Syntax

2

17

61.1.48.2

Semantics

2

18

61.1.49.2

Sociolinguistics

2

19

61.1.50.2

Discourse Analysis

2

20

61.1.51.3

Research on Language

3

JUMLAH SKS

42

 

 

4.Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

 

N0

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

61.1.01.2

Grammar I

2

2

61.1.02.2

Grammar II

2

3

61.1.03.2

Grammar III

2

4

61.1.04.2

Grammar IV

2

5

61.1.05.2

Grammar V

2

6

61.1.06.2

Listening Comprehension I

2

7

61.1.07.2

Listening Comprehension II

2

8

61.1.08.2

Listening Comprehension III

2

9

61.1.09.2

Listening Comprehension IV

2

10

61.1.10.2

Speaking I

2

11

61.1.11.2

Speaking II

2

12

61.1.12.2

Speaking III

2

13

61.1.13.2

Speaking IV

2

14

61.1.14.2

Public Speaking

2

15

61.1.15.2

Reading Comprehension I

2

16

61.1.16.2

Reading Comprehension II

2

17

61.1.17.2

Reading Comprehension III

2

18

61.1.18.2

Reading Comprehension IV

2

19

61.1.19.2

Reading Comprehension V

2

20

61.1.20.2

Book Report I

2

21

61.1.21.2

Book Report II

2

22

61.1.22.2

Writing I

2

23

61.1.23.2

Writing II

2

24

61.1.24.2

Writing III

2

25

61.1.25.2

Writing IV

2

26

61.1.26.2

Writing V

2

27

61.1.27.2

Business Correspondence

2

28

61.1.28.2

Translation I

2

29

61.1.29.2

Translation II

2

30

61.1.30.2

Translation III

2

31

60.0.09.6

Skripsi

6

32

………….

Matakuliah pilihan minimal menempuh 2 MK

4

JUMLAH SKS

70

 

 

5.Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB)

 

N0

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

61.1.31.2

Cross Cultural Understanding

2

2

60.0.08.2

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

2

3

00.5.03.2

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

JUMLAH SKS

6

 

6.Mata Kuliah Pilihan

 

N0

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

60.0.10.2

Bahasa Jepang I     *)

2

2

60.0.11.2

Bahasa Jepang II   *)

2

3

60.0.12.2

Bahasa Jerman I  *)

2

4

60.0.13.2

Bahasa Jerman II  *)

2

5

60.0.14.2

Metode Pengajaran Bhs-I  *)

2

6

60.0.15.2

Metode Pengajaran Bhs-II  *)

2

7

60.0.16.2

Turisme I   *)

2

8

60.0.17.2

Turisme II  *)

2

9

60.0.18.2

Dasar- Dasar Kehumasan  *)

2

10

60.0.19.2

Human Relations   *)

2

11

60.0.20.2

Periklanan   *)

2

12

60.0.21.2

Design Grafis Komputer  *)

2

13

60.0.22.2

Bahasa Korea I

2

14

60.0.23.2

Bahasa Korea II

2

JUMLAH SKS

28

*) Minimal menempuh 2 mata kuliah (4 sks)

 

C.  Tabel Mata Kuliah

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

00.0.10.2

Pendidikan Pancasila

2

2

00.1.01.3

Agama Islam

3

3

00.1.02.3

Agama Katholik

3

4

00.1.03.3

Agama Kristen Protestan

3

5

00.1.04.3

Agama Hindu

3

6

00.1.05.3

Agama Budha

3

7

00.1.06.3

Pendidikan Kewarganegaraan

3

8

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

3

9

00.5013

Ilmu Sosial Budaya Dasar

3

10

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar

3

11

600022

Pranata Masyarakat Indonesia

2

12

600032

Logika

2

13

600052

Estetika

2

14

600062

Sejarah Pemikiran Modern

2

15

600072

Metode Penelitian

2

16

611012

Grammar I

2

17

611022

Grammar II

2

18

611032

Grammar III

2

19

611042

Grammar IV

2

20

611052

Grammar V

2

21

611062

Listening Comprehension I

2

22

611072

Listening Comprehension II

2

23

611082

Listening Comprehension III

2

24

611092

Listening Comprehension IV

2

25

611102

Speaking I

2

26

611112

Speaking II

2

27

611122

Speaking III

2

28

611132

Speaking IV

2

29

611142

Public Speaking

2

30

611152

Reading Comprehension I

2

31

611162

Reading Comprehension II

2

32

611172

Reading Comprehension III

2

33

611182

Reading Comprehension IV

2

34

611192

Reading Comprehension V

2

35

611202

Book Report I

2

36

611212

Book Report II

2

37

611222

Writing I

2

38

611232

Writing II

2

39

611242

Writing III

2

40

611252

Writing IV

2

41

611262

Writing V

2

42

611282

Translation I

2

43

611292

Translation II

2

44

611302

Translation III

2

45

611312

Cross Cultural Understanding

2

46

611322

History of English Literature

2

47

611272

Business Correspondence

2

48

611332

Introduction to Literature

2

49

611342

Novel I

2

50

611352

Drama I

2

51

611362

Poetry I

2

52

611372

Novel II

2

53

611382

Drama II

2

54

611392

Poetry II

2

55

611402

Literary Criticism

2

56

611413

Research on Literature

3

57

611422

History of English Language

2

58

611432

Introduction to Linguistics

2

59

611442

Phonetics

2

60

611452

Phonology

2

61

611462

Morphology

2

62

611472

Syntax

2

63

611482

Semantics

2

64

611492

Sociolinguistics

2

65

611502

Discourse Analysis

2

66

611513

Research on Language

3

67

600082

Praktek Kerja Lapangan

2

68

5032

Kuliah Kerja Nyata

2

69

600096

Skripsi

6

70

600102

Bahasa Jepang I

2

71

600112

Bahasa Jepang II

2

72

600122

Bahasa Jerman I

2

73

600132

Bahasa Jerman II

2

74

600142

Metode Pengajaran Bahasa I

2

75

600152

Metode Pengajaran Bahasa II

2

76

600162

Turisme I

2

77

600172

Turisme II

2

78

600182

Dasar- Dasar Kehumasan

2

79

600192

Human Relations

2

80

600202

Periklanan

2

81

600212

Design Grafis Komputer

2

82

60.0.22.2

Bahasa Korea I

2

83

60.0.23.2

Bahasa Korea II

2

         

 

 

 

 

  1. D.     Rincian Kelompok Matakuliah Per Semester

 

SEMESTER I

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

00.1.01.3

Agama Islam

2

00.1.02.3

Agama Katholik

2

00.1.03.3

Agama Kristen Protestan

2

00.1.04.3

Agama Hindu

2

00.1.05.3

Agama Budha

2

2

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

2

3

00.0102

Pendidikan Pancasila

2

4

611012

Grammar I

2

5

611062

Listening Comprehension I

2

6

611102

Speaking I

2

7

611152

Reading Comprehension I

2

8

611222

Writing I

2

9

00.1.06.3

Pendidikan Kewarganegaraan

2

10

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar

2

SKS

20

 

SEMESTER II

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

600022

Pranata Masyarakat Indonesia

2

2

600032

Logika

2

3

611022

Grammar II

2

4

611072

Listening Comprehension II

2

5

611112

Speaking II

2

6

611162

Reading Comprehension II

2

7

611232

Writing II

2

8

611332

Introduction to Literature

2

9

611432

Introduction to Linguistics

2

10

611442

Phonetics

2

SKS

20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER III

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

600052

Estetika

2

2

600062

Sejarah Pemikiran Modern

2

3

611032

Grammar III

2

4

611082

Listening Comprehension III

2

5

611122

Speaking III

2

6

611172

Reading Comprehension III

2

7

611202

Book Report I

2

8

611242

Writing III

2

9

611272

Business Correspondence

2

10

611322

History of English Literature

2

11

61.1.31.2

Cross Cultural Understanding

2

12

611452

Phonology

2

SKS

24

 

 

SEMESTER IV

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

611042

Grammar IV

2

2

611092

Listening Comprehension IV

2

3

611132

Speaking IV

2

4

611182

Reading Comprehension IV

2

5

611252

Writing IV

2

6

611282

Translation I

2

7

611342

Novel I

2

8

611212

Book Report II

2

9

611422

History of English Language

2

10

611462

Morphology

2

SKS

20

 

SEMESTER V

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

600072

Metode Penelitian

2

2

611052

Grammar V

2

3

611142

Public Speaking

2

4

611192

Reading Comprehension V

2

5

611262

Writing V

2

6

611292

Translation II

2

7

611352

Drama I

2

8

611362

Poetry I

2

9

611372

Novel II

2

10

611472

Syntax

2

11

611482

Semantics

2

SKS

22

 

 

SEMESTER VI

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

611302

Translation III

2

2

611392

Poetry II

2

3

611382

Drama II

2

4

611402

Literary Criticism

2

5

611492

Sociolinguistics

2

6

611502

Discourse Analysis

2

7

 …….

Matakuliah Pilihan I

2

SKS

14

 

 

 

 

 

 

SEMESTER VII

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

611413

Research on Literature

3

2

611513

Research on Language

3

3

600082

PKL

2

4

 0.5.03.2

KKN

2

5

 …….

Matakuliah Pilihan II

2

SKS

12

 

 

SEMESTER VIII

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

600096

Skripsi

6

SKS

6

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

600102

Bahasa Jepang I

2

2

600112

Bahasa Jepang II

2

3

600122

Bahasa Jerman I

2

4

600132

Bahasa Jerman II

2

5

600142

Metode Pengajaran Bahasa I

2

6

600152

Metode Pengajaran Bahasa II

2

7

600162

Turisme I

2

8

600172

Turisme II

2

9

600182

Dasar- Dasar Kehumasan

2

10

600192

Human Relations

2

11

600202

Periklanan

2

12

600212

Design Grafis Komputer

2

13

600222

Bahasa Korea I 

14

 600232

Bahasa Korea II

 2

JUMLAH SKS

28

 

 

 

E.  Diskripsi Matakuliah

Program Studi Sastra Inggris

 

SEMESTER I

 

NO

MATAKULIAH

DESKRIPSI

SKS

1

Pendidikan Agama

Matakuliah ini membangun dasar dan arah dalam pembentukan kepribadian mahasiswa dari aspek religiusitas, dan dengan matakuliah ini mahasiswa mampu memahami nilai nilai pokok berbagai agama di Indonesia sehingga dapat bersikap terbuka untuk bertoleransi kepada pemeluk agama lain.

3

2

Bahasa Indonesia

Matakuliah ini memberikan penjelasan mengenai peng-gunaan bahasa Indonesia yang benar untuk penulisan akademis pada berbagai kerya ilmiah

3

3

Pendidikan Pancasila

2

4

Grammar I

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang kelas kata dan penggunaannya, susunan kalimat berdasarkan tujuan, dan tenses

2

5

Listening Compre-hension I

Matakuliah ini mengenalkan kata, frasa, dan kalimat bahasa Inggris yang diucap-kan oleh native speakers, melatih mahasiswa untuk bias memahaminya, dan membiasakan mahasiswa untuk menggunakan tekanan, intonasi dan ritme yang benar

2

6

Speaking I

Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mampu berbicara dalam bahasa Inggris dengan memulai dari pernyataan - pernyataan sederhana yang biasa dipakai dalam komunikasi sehari-hari

2

7

Reading Comprehension I

Matakuliah ini membantu mahasiswa dalam mengem-bangkan kosakata dan ung-kapan-ungkapan tertentu agar mampu menganalisis wacana melalui membaca intensif

2

8

Writing I

Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa bagaimana mengungkapkan gagasan-gagasan dalam kalimat dengan struktur yang benar

2

9

Phonetics

Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa tentang bunyi dalam bahasa Inggris berdasarkan symbol, klasifi-kasi dan representasinya

2

 

 

SEMESTER II

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Pendidikan Kewarga-negaraan

Matakuliah ini membahas wawasan Ketahanan nasional bangsa Indo-nesia dengan memberi-kan arti Wawasan Nusantara dan cara pandang bangsa Indo-nesia untuk Ketahanan Nasional

3

2

Ilmu Kealaman Dasar

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang pengembangan sikap hidup untuk memelihara alam dan menjaga harmonisasi alam dengan manusia yang merupakan bagian dari alam itu sendiri

3

3

Pranata Masyarakat Indonesia

Matakuliah ini memberi-kan bekal pengetahuan mengenai dasar-dasar, dinamika, serta problema-tika berbagai lembaga social kontemporer masyarakat Indonesia

2

4

Logika

Matakuliah ini mengarah-kan mahasiswa agar mampu berfikir dan mengkritisi proses berfikir yang jernih, lulus, konsisten, koheren dan benar dalam setiap upaya untuk  memperoleh pengetahuan yang benar secara ilmiah

2

5

Grammar II

Matakuliah ini mengajar-kan bentuk kalimat pasif, gerund dan infinitive, dan penggunaan konjungsi serta tanda baca. Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan pola-pola ini dengan benar

2

6

Listening Comprehension II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu memahami percakapan dan paparan pendek yang diucapkan native speakers

2

7

Speaking II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu bercakap-cakap dan bercerita dalam berbagai situasi

2

8

Reading Comprehension II

Natakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu membaca dan memahami teks melalui keterkaitan ide-ide pada masing-masing paragraph pada wacana naratif, ekspasisi, dan argumentasi

2

9

Writing II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu menulis paragraph yang kohesif dan koheren pada jenis naratif, dan deskriptif

2

10

Intro. To Literature

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang dunia sastra untuk memahami kesusastraan dan pengetahuan tentang pendekatan kritik sastra dan berbagai bentuk karya sastra dalam bahasa Inggris

2

11

Intro. To Linguistics

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang dasar-dasar ilmu bahasa Inggris dan level penelitian dibidang bahasa Inggris: fonologi, morfologi, sintaksis

2

 

SEMESTER III

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Estetika

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman menge-nai hakekat atau esensi keindahan dan atau keharmonisan, mampu mengapresiasikan, ber-karya, menciptakan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai profesi maupun sebagai anggota masyarakat (keluarga, warga masyarakat, warga Negara dan bangsa)

2

2

Sejarah Pemikiran Modern

Matakuliah ini memberi-kan wawasan berfikir secara luas dengan mengenal sejarah pemikiran Barat modern dan percik-percik pemikiran Timur secara komprehensif dan selektif serta belajar mengenal keterkaitan antara Sastra, pemikiran filsafat dan kebudayaan

2

3

Grammar III

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman dan penggunaan tentang konstruksi kalimat-kalimat komplek

2

4

Listening Comp. III

Matakuliah ini memberi-kan kemampuan untuk memahami dialog, dan melatih mahasiswa untuk mampu menceritakan kembali paparan-paparan yang didengar dengan menggunakan kata-kata sendiri

2

5

Speaking III

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu mengutarakan gagasan dalam sebuah diskusi atau debat

2

6

Reading Comprehension III

Matakuliah ini meningkat-kan kemampuan mem-baca dengan penekanan pada pemahaman ide-ide pokok dalam suatu bacaan dan bagaimana keterkaitan ide-ide tersebut

2

7

Book Report I

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk menulis laporan mengenai unsur-unsur intrinsic dari karya sastra yang sederhana atau disederhanakan

2

8

Writing III

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu menulis paragraph jenis argumentative, kontras dan komparatif

2

9

 Business Correspondence

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang penulisan surat-surat bisnis sesusi dengan format dan penggunaan ungkapan-ungkapannya

2

10

History of English Literature

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang karya-karya sastra Inggris sejak periode old English hingga abad 20 yang terkait dengan konteks sejarah masyarakat Inggris yang mempenga-ruhi karya sastranya, dan ciri-ciri karya sastra sesuai dengan jamannya

2

11

 Cross Cultural Understanding

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang pentingnya saling meng-hormati dan meng-hargai kebudayaan dan pola piker bangsa lain untuk menghindari kesalahan pemahaman yang dise-babkan oleh konotasi kata-kata

2

12

Phonology

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang konsep-konsep fonologi dan mampu mengiden-tifikasi aspek-aspek bunyi bahasa

2

 

SEMESTER IV

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

ISBD

 

2

2

Grammar IV

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang konstruksi modal dan maknanya, dan kons-truksi kalimat-kalimat pengandaian

2

3

Listening Comp. IV

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu menyimak dan mema-hami ujaran yang diucapkan native speaker dengan kecepatan normal pada situasi normal dan informal, dan menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti test kompetensi bahasa Inggris

2

4

Speaking IV

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu berkomunikasi dalam situasi diskusi ilmiah

2

5

Reading Comp. IV

Matakuliah ini mengem-bangkan ketrampilan membaca dengan pene-kanan pada pemahaman makna tersirat pada bacaan, dan kemampuan untuk menyimpulkan isi bacaan

2

6

Writing IV

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu menulis multi paragraph pada berbagai jenis paragraph

2

7

Translation I

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang dasar-dasar penerjema-han, arti dan proses penerjemahan di dua bahasa, Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris, dan pengetahuan teoritis dan latihan penerjema-han di kedua bahasa untuk teks-teks ilmiah dan umum yang sederhana

2

8

Novel I

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang novel dan unsur-unsur intrinsiknya

2

9

Book Report II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu membuat laporan menge-nai karya sastra atau pun teks-teks diluar karya sastra

2

10

History of English Language

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang perkembangan bahasa Inggris sejak abad ke 9 hingga abad modern, dan peranannya di abad modern ini

2

11

Morphology

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang konsep-konsep dasar struktur internal kata dan proses pembentukan kata dalam bahasa Inggris

2

 

SEMESTER V

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Metodologi Penelitian

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang dasar-dasar penelitian

2

2

Grammar V

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang tata bahasa yang rumit dan menyiapkan maha-siswa untuk menghadapi test kompetensi bahasa Inggris

2

3

Public Speaking

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu memberikan presentasi dihadapan public dengan baik

2

4

Reading Comprehension V

Matakuliah ini melatih kemampuan untuk me-nganalisis berbagai teks dengan kritis, dan menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti test kempetensi bahasa Inggris

2

5

Writing V

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang penulisan akademis yang menggunakan konstruksi kalimat tertentu dan digunakan untuk menulis makalah, jurnal dan skripsi

2

6

Translation II

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang penerjemahan teks di tingkat ilmiah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya atas dasar pemahaman tentang kebiasaan dan tata cara penulisan yang khas di masing-masing bahasa, baik dalam pilihan kosa kata, teknis, maupun tata bahasa tingkat keformalan

2

7

Drama I

Matakuliah ini mengenal-kan naskah drama kepada mahasiswa dan memberikan pemahaman tentang unsur-unsur intrinsic yang terkandung dalam drama

2

8

Poetry I

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan tentang bentuk-bentuk puisi Inggris, dan pemahaman tentang unsur-unsur intrinsic dalam puisi

2

9

Novel II                

Matakuliah ini memberi-kan kemampuan dalam menganalisis karya sastra baik dari unsur-unsur intrinsic dan ekstrinsik, dan menerap-kan berbagai teori dan pendekatan kesustraan

2

10

Syntax

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang struktur konstituen kalimat, kelas dan fungsi, struktur klausa, koor-dinasi dan subordinasi, pengepakan informasi, nominalisasi, struktur tema dan struktur informasi

2

11

Semantics

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang konsep-konsep dimensi makna dalam kata dan kalimat, pengacuan, tindak tutur, aspek, modalitas, variasi predikat dan makna kata bentukan

2

 

SEMESTER VI

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Translation III

Matakuliah ini mengajar-kan tentang penerjema-han naskah-naskah dokumen khusus dan resmi

2

2

Poetry II               

Matakuliah ini mengem-bangkan kemampuan untuk menganalisis hubungan antar unsur-unsur intrinsic dengan unsur-unsur ekstrinsik pada puisi

2

3

Drama II               

Matakuliah ini mengem-bangkan kemampuan untuk menganalisis hubungan antar unsur-unsur intrinsic dengan unsur-unsur ekstrinsik pada drama

2

4

Literary Criticism

Matakuliah ini memberi-kan wawasan tentang bentuk-bentuk kritik sastra dan latar belakang teoritis tentang kritik sastra modern sehingga mahasiswa mampu menerapkannya dalam analisis berbagai karya sastra

2

5

Sociolinguistics

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan dan kemampuan mengana-lisis bahasa titinjau dari aspek-aspek social, varian bahasa, bilinguallisme, perenca-naan bahasa, dan factor-faktor social yang mempengaruhi pilihan bahasa

2

6

Discourse Analysis

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan dan ketrampilan analisis wacana yakni penggunaan bahasa dalam konteks, karakteristik wacana dan jenis-jenis wacana, dan pendekatan dan interpretasi jenis wacana tertentu

2

7

Matakuliah Pilihan

 

 

 

 

SEMESTER VII

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Research on Literature

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman mengenai prinsip dari teknik penelitian sastra untuk mampu mengiden-tifikasi perma-salahan penelitian, membuat analisis yang terkait dengan permasalahan, menyeleksi, mengana-lisis, dan menginterpre-tasikan data, serta membuat kesimpulan

3

2

Research on Language

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang prosedur penelitian bahasa

3

3

Praktek Kerja Lapangan

Matakuliah ini merupa-kan praktek kerja yang memberikan pengala-man mengenai dunia kerja agar mahasiswa mempersiapkan diri dan mampu beradaptasi didunia kerja dengan baik

2

4

Kuliah Kerja Nyata

Matakuliah ini merupa-kan wahana bagi mahasiswa untuk memiliki kecakapan terhadap kepekaan social dan bekerjasama dengan masyarakat sebagai darma bakti ilmu yang telah diperoleh

2

5

Matakuliah Pilihan

 

 

 

SEMESTER VIII

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Skripsi

Matakuliah ini berupa penelitian otentik maha-siswa yang diselesaikan dibawah bimbingan langsung dosen

6

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Bahasa Jerman I

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana dalam berbagai situasi dan mengajarkan bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan pola kalimat dasar

2

2

Bahasa Jerman II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mampu berbicara dengan menggunakan kalimat yang lebih panjang dan mengajarkan pola kalimat yang lebih rumit

2

3

Bahasa Jepang I

Matakuliah ini melatih mengucapkan dan penulisan semua karakter hiragana dan penerapannya dan berkomunikasi dengan pola kalimat sederhana dan mengajarkan penyusunan kalimat pada tingkat dasar

2

4

Bahasa Jepang II

Matakuliah ini melatih penulisan seluruh karakter katakana dan berkomunikasi dengan susunan kalimat lebih panjang

2

5

Met. Pengajaran Bahasa I

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan ten-tang berbagai metode mengajar dan bagai-mana penerapannya

2

6

Met. Pengajaran Bahasa II

Matakuliah ini mengajar-kan tentang persiapan mengajar dan evaluasi hasil mengajar

2

7

Turisme I

Matakuliah ini mengenal-kan liku-liku peren-canaan dan perjalanan wisata dan bagaimana memecahkan masalah yang muncul

2

8

Turisme II

Matakuliah ini mengajar-kan pembuatan rencana perjalanan wisata

2

9

Dasar-dasar Kehumasan

Matakuliah ini memberi-kan pengertian dan perkembangan humas, humas sebagai suatu kegiatan profesi, tujuan dan fungsi humas, proses komunikasi dalam humas, ruang lingkup humas, serta humas dan opini publik

2

10

Human Relation

Matakuliah ini membe-kali mahasiswa kemam-puan berkomunikasi secara personal dengan orang dan kelompok lain, baik yang memiliki kesamaan maupun perbedaan budaya, agar mahasiswa memiliki konsep dan perspektif yang berkaitan dengan komunikasi inter-personal, yakni konsep dasar, proses, dan prinsip-prinsip komuni-kasi, system komunikasi intra personal dan interpersonal; serta ciri-ciri, sifat, perkem-bangan, dan model komunikasi interpersonal

2

11

Bahasa Korea I

 

2

12

Bahasa Korea II

 

2

 

 

  1. Daftar Matakuliah Prasyarat

Program Studi Sastra Inggris

 

NO

KODE

MK

MATA KULIAH

SKS

KODE

MK

MATAKULIAH

PRASYARAT

SKS

NILAI PRASYARAT

1

611022

Grammar II

2

611012

Grammar I

2

C

2

611032

Grammar III

2

611022

Grammar II

2

C

3

611042

Grammar IV

2

611032

Grammar III

2

C

4

611052

Grammar V

2

611042

Grammar IV

2

C

5

611072

Listening

Comprehension II

2

611062

Listening

Comprehension I

2

C

6

611082

Listening

Comprehension III

2

611072

Listening

Comprehension II

2

C

7

611092

Listening

Comprehension IV

2

611082

Listening

Comprehension III

2

C

8

611112

Speaking II

2

611102

Speaking I

2

C

9

611122

Speaking III

2

611112

Speaking II

2

C

10

611132

Speaking IV

2

611122

Speaking III

2

C

11

611142

Public Speaking

2

611132

Speaking IV

2

C

12

611162

Reading

Comprehension II

2

611152

Reading

Comprehension I

2

C

13

611172

Reading

Comprehension III

2

611162

Reading

Comprehension II

2

C

14

611182

Reading

Comprehension IV

2

611172

Reading

Comprehension III

2

C

15

611192

Reading

Comprehension V

2

611182

Reading

Comprehension IV

2

C

16

611212

Book Report II

2

611202

Book Report I

2

C

17

611232

Writing II

2

611222

Writing I

2

C

18

611242

Writing III

2

611232

Writing II

2

C

19

611252

Writing IV

2

611242

Writing III

2

C

20

611262

Writing V

2

611252

Writing IV

2

C

21

611292

Translation II

2

611282

Translation I

2

C

22

611302

Translation III

2

611292

Translation II

2

C

23

611342

Novel I

2

611332

Introduction

to Literature

2

C

24

611372

Novel II

2

611342

Novel I

2

C

25

611352

Drama I

2

611332

Introduction

to Literature

2

C

26

611382

Drama II

2

611352

Drama I

2

C

27

611362

Poetry I

2

611332

Introduction

to Literature

2

C

28

611392

Poetry II

2

611362

Poetry I

2

C

29

611452

Phonology

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

30

611462

Morphology

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

31

611472

Syntax

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

 

 

 

 

611462

Morphology

2

C

32

611482

Semantics

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

 

 

 

 

611462

Morphology

2

C

33

611492

Sociolinguistics

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

34

611502

Discourse Analysis

2

611432

Introduction

to Linguistics

2

C

35

611402

Literary Criticism

2

611332

Introduction

to Literature

2

C

 

 

 

 

611372

Novel II

2

C

 

 

 

 

611382

Drama II

2

C

 

 

 

 

611392

Poetry II

2

C

36

611413

Research

on Literature

3

611402

Literary Criticism

2

C

 

 

 

 

611372

Novel II

2

C

 

 

 

 

611382

Drama II

2

C

 

 

 

 

611392

Poetry II

2

C

 

 

 

 

600152

Metode

Pengajaran

Bahasa II

2

C

37

611513

Research

on Language

3

611452

Phonology

2

C

 

 

 

 

611462

Morphology

2

C

 

 

 

 

611472

Syntax

2

C

 

 

 

 

611482

Semantics

2

C

 

 

 

 

611492

Sociolinguistics

2

C

 

 

 

 

611502

Discourse Analysis

2

C

 

 

 

 

600152

Metode

Pengajaran

Bahasa II

2

C

38

600112

Bahasa Jepang II

2

600102

Bahasa Jepang I

2

C

39

600132

Bahasa Jerman II

2

600122

Bahasa Jerman I

2

C

40

600152

Metode

Pengajaran

Bahasa II

2

600142

Metode

Pengajaran

Bahasa I

2

C

41

600172

Turisme II

2

600162

Turisme I

2

C

42

60.0.

23.2

Bahasa Korea II

2

60.0.

22.2

Bahasa Korea I

2

C

 

 

 

3.2.2      Kurikulum Program Studi  Sastra Jepang

 

A.     Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Matakuliah

 

NO

KELOMPOK MATAKULIAH

SKS

1

Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

17

2

Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

10

3

Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)

12

4

Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)

100

5

Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

6

TOTAL SKS

145

 

  1. B.     Rincian Kelompok Matakuliah

 

  1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

00.0.10.2

Pendidikan Pancasila

2

2

00.1.01.3

Pendidikan Agama Islam

2

3

00.1.02.3

Pendidikan Agama Katolik

2

4

00.1.03.3

Pendidikan Agama Kristen Protestan

2

5

00.1.04.3

Pendidikan Agama Hindu

2

6

00.1.05.3

Pendidikan Agama Budha

2

7

00.1.06.3

Pendidikan Kewarganegaraan

2

8

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

2

9

00.5.01.3

Ilmu Sosial Budaya Dasar (Eksakta)

3

10

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar (Sosial)

3

JUMLAH SKS

17

 

 

  1. 2.      Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

60.0.02.2

Pranata Masyarakat Indonesia

2

2

60.0.03.2

logika

2

3

60.0.05.2

Estetika

 

2

4

60.0.06.2

Sejarah Pemikiran Modern

 

2

5

60.0.07.2

Metodologi Penelitian

 

2

JUMLAH SKS

10

 

 

  1. 3.      Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

62.3.18.2

Gengogaku

2

2

62.3.19.2

Keitairon

2

3

62.3.20.2

Imiron

2

4

62.3.22.2

Onseigaku

2

5

62.3.24.2

Togoron

2

6

62.4.01.2

Seminar

2

JUMLAH SKS

12

 

  1. 4.      Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

62.2.09.6

Nihongo I

6

2

62.2.10.6

Nihongo II

6

3

62.2.11.6

Nihongo III

6

4

62.2.12.6

Nihongo IV

6

5

62.2.13.4

Nihongo  V

4

6

62.2.14.4

Nihongo VI

4

7

62.2.15.2

Kaiwa I

2

8

62.2.16.2

Kaiwa II

2

9

62.2.17.2

Kaiwa III

2

10

62.2.18.2

Kaiwa IV

2

11

62.2.19.2

Kaiwa V

2

12

62.2.21.2

Chokai I

2

13

62.2.22.2

Chokai II

2

14

62.2.23.2

Chokai III

2

15

62.2.24.2

Chokai IV

2

16

62.2.25.2

Enshu I

2

17

62.2.26.2

Enshu II

2

18

62.2.27.2

Enshu III

2

19

62.2.28.2

Enshu IV

2

20

62.3.01.2

Hyoki

2

21

62.3.02.2

Kanji I

2

22

62.3.03.2

Kanji II

2

23

62.3.04.2

Kanji III

2

24

62.3.05.2

Kanji IV

2

25

62.3.06.2

Kanji V

2

26

62.3.07.2

Kanji VI

2

27

62.3.08.2

Honyaku I

2

28

62.3.09.2

Honyaku II

2

29

62.3.10.2

Sakubun I

2

30

62.3.11.2

Sakubun II

2

31

62.3.12.2

Sakubun III

2

32

62.3.14.2

Dokkai I

2

33

62.3.15.2

Dokkai II

2

34

62.3.16.2

Dokkai III

2

35

62.5.04.2

Bahasa Inggris

2

36

60.0.09.6

Skripsi

6

37

…………

Matakuliah Pilihan minimal menempuh 2 mk

4

JUMLAH SKS

100

 

 

  1. 5.      Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

62.4.05.2

Telaah Pranata Masyarakat Jepang

2

2

60.0.08.2

Praktek Kerja Lapangan

2

3

00.5.03.2

Kuliah Kerja Nyata

2

JUMLAH SKS

6

 

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

   

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

 

1

60.0.12.2

Bahasa Jerman I

2

 

2

60.0.13.2

Bahasa Jerman II

2

 

3

60.0.14.2

Metode Pengajaran Bahasa I

2

 

4

60.0.15.2

Metode Pengarajan Bahasa II

2

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

 

5

60.0.16.2

Turisme I

2

 

6

60.0.17.2

Turisme II

2

 

7

60.0.18.2

Dasar-dasar Kehumasan

2

 

8

60.0.19.2

Human Relation

2

 

9

60.0.20.2

Periklanan

2

 

10

60.0.21.2

Design Grafis Komputer

2

 

11

62.4.02.2

Bahasa Jepang Aminasi

2

 

12

62.4.03.2

Bahasa Jepang Bisnis

2

 

13

62.4.04.2

Bahasa Jepang Teknik

2

 

14

62.4.06.2

Aplikasi Komputer Jepang

2

 

15

62.4.07.2

Kentei No Nihongo

2

 

TOTAL SKS

 

 

*) Matakuliah pilihan minimal menempuh 2 matakuliah ( 4 sks)

   
           

 

 

  1. C.     Rincian Tabel Matakuliah

TABEL MATAKULIAH

PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG

NO

KODE

    MATA KULIAH

SKS

1

00.0102

Pendidikan Pancasila

2

2

00.1.01.3

Agama Islam

2

3

00.1.02.3

Agama Katholik

2

4

00.1.03.3

Agama Kristen Protestan

2

5

00.1.04.3

Agama Hindu

2

6

00.1.05.3

Agama Budha

2

7

00.1.06.3

Pend. Kewarganegaraan

2

8

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

2

9

00.5013

Ilmu Sosial Bud. Dasar (Eksakta)

3

10

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar (Sosial)

3

11

600022

Pranata Masy. Indonesia

2

12

600032

Logika

2

13

600052

Estetika

2

14

600062

Sejarah Pemikiran Modern

2

15

600072

Metode Penelitian

2

16

62.2.09.6

Nihongo  I

6

17

62.2.10.6

Nihongo  II

6

18

62.2.11.6

Nihongo  III

6

19

62.2.12.6

Nihongo IV

6

20

62.2.13.4

Nihongo V

4

21

62.2.14.4

Nihongo VI

4

22

62.2.15.2

Kaiwa I

2

23

62.2.16.2

Kaiwa II

2

24

62.2.17.2

Kaiwa III

2

25

62.2.18.2

Kaiwa IV

2

26

62.2.19.2

Kaiwa V

2

27

62.2.21.2

Chokai I

2

28

62.2.22.2

Chokai II

2

29

62.2.23.2

Chokai III

2

30

62.2.24.2

Chokai IV

2

31

62.2.25.2

Enshu I

2

32

62.2.26.2

Enshu II

2

33

62.2.27.2

Enshu III

2

34

62.2.28.2

Enshu IV

2

35

62.3.01.2

Hyoki

2

36

62.3.02.2

Kanji I

2

37

62.3.03.2

Kanji II

2

38

62.3.04.2

Kanji III

2

39

62.3.05.2

Kanji IV

2

40

62.3.06.2

Kanji V

2

41

62.3.07.2

Kanji VI

2

42

62.3.08.2

Honyaku I

2

43

62.3.09.2

Honyaku II

2

44

62.3.10.2

Sakubun I

2

45

62.3.11.2

Sakubun II

2

46

62.3.12.2

Sakubun III

2

47

62.3.14.2

Dokkai I

2

48

62.3.15.2

Dokkai II

2

49

62.3.16.2

Dokkai III

2

50

62.3.18.2

Gengogaku

2

51

62.3.19.2

Keitairon

2

52

62.3.20.2

Imiron

2

53

62.3.22.2

Onseigaku

2

54

62.3.24.2

Togoron

2

55

62.4.01.2

Seminar

2

56

62.4.06.2

Aplikasi Komputer Jepang

2

57

62.4.05.2

Telaah Pranata Masy. Jepang

2

58

60.0.08.2

Praktek Kerja Lapangan

2

59

00.5.03.2

Kuliah Kerja Nyata

2

60

60.0.09.6

Tugas Akhir (TA)

6

61

62.4.07.2

Kentei No Nihongo

2

62

62.5.04.2

Bahasa Inggris

2

63

62.4.02.2

Bahasa Jepang Aminasi

2

64

62.4.04.2

Bahasa Jepang Teknik

2

65

62.4.01.2

Bahasa Jepang Bisnis

2

66

60.0.12.2

Bahasa Jerman I

2

67

60.0.13.2

Bahasa Jerman II

2

68

60.0.14.2

Metode Pengajaran Bahasa I

2

69

60.0.15.2

Metode Pengarajan Bahasa II

2

70

60.0.16.2

Turisme I

2

71

60.0.17.2

Turisme II

2

72

60.0.18.2

Dasar-dasar Kehumasan

2

73

60.0.19.2

Human Relation

2

74

60.0.20.2

Periklanan

2

75

60.0.21.2

Design Grafis Komputer

2

76

60.0.22.2

Bahasa Korea I

2

77

60.0.23.2

Bahasa Korea II

2

 

 

SEMESTER I

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

00.1.01.3

Agama Islam

2

00.1.02.3

Agama Katholik

2

00.1.03.3

Agama Kristen Protestan

2

00.1.04.3

Agama Hindu

2

00.1.05.3

Agama Budha

2

2

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

2

3

00.5.01.3

IKD

2

4

62.2.09.6

Nihongo  I

6

5

62.2.25.2

Enshu I

2

6

62.3.01.2

Hyoki

2

7

 

Kewarganegaraan

2

8

 

Pancasila

2

SKS

24

 

 

SEMESTER II

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

00.1.06.3

Pend. Kewarganegaraan

3

2

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar

3

3

60.0.02.2

Pranata Masy. Indonesia

2

4

60.0.03.2

logika

2

5

62.2.10.6

Nihongo  II

6

6

62.2.26.2

Enshu II

2

7

62.3.02.2

Kanji I

2

8

00.0.10.2

Pendidikan Pancasila

2

9

62.2.21.2

Chokai I

2

SKS

24

SEMESTER III

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

60.0.05.2

Estetika

2

2

60.0.06.2

Sejarah Pemikiran Modern

2

3

62.2.11.6

Nihongo  III

6

4

62.2.27.2

Enshu III

2

5

62.3.03.2

Kanji II

2

6

62.2.22.2

Chokai II

2

7

62.3.14.2

Dokkai I

2

8

62.2.15.2

Kaiwa I

2

9

62.3.18.2

Gengogaku

2

10

62.4.05.2

Telaah Pranata Masyarakat Jepang

2

SKS

24

 

 

SEMESTER IV

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

62.2.12.6

Nihongo IV

6

2

62.2.28.2

Enshu IV

2

3

62.3.04.2

Kanji III

2

4

62.2.23.2

Chokai III

2

5

62.3.15.2

Dokkai II

2

6

62.2.16.2

Kaiwa II

2

7

62.3.08.2

Honyaku I

2

8

62.3.22.2

Onseigaku

2

9

62.3.19.2

Keitairon

2

10

62.4.06.2

Aplikasi Komputer Jepang

2

SKS

24

 

 

 

SEMESTER V

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

62.2.13.4

Nihongo V

4

2

62.3.05.2

Kanji IV

2

3

62.2.24.2

Chokai IV

2

4

62.3.16.2

Dokkai III

2

5

62.2.17.2

Kaiwa III

2

6

62.3.09.2

Honyaku II

2

7

62.3.20.2

Imiron

2

8

62.3.24.2

Togoron

2

9

62.3.10.2

Sakubun I

2

SKS

20

 

 

SEMESTER VI

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

60.0.07.2

Metodologi Penelitian

2

2

62.2.14.4

Nihongo VI

4

3

62.3.06.2

Kanji V

2

4

62.2.18.2

Kaiwa IV

2

5

62.3.11.2

Sakubun II

2

6

62.5.04.2

Bahasa Inggris

2

7

……….

Matakuliah Pilihan

2

SKS

16

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER VII

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

62.3.07.2

Kanji VI

4

2

62.2.19.2

Kaiwa V

2

3

62.3.12.2

Sakubun III

2

4

62.4.01.2

Seminar

2

5

60.0.08.2

Praktek Kerja Lapangan

2

6

00.5.03.2

Kuliah Kerja Nyata

2

7

…………

Matakuliah Pilihan

2

8

624012

Bahasa Jepang Bisnis

2

SKS

18

 

 

SEMESTER VIII

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

60.0.09.6

Tugas Akhir (TA)

6

SKS

6

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

62.4.02.2

Bahasa Jepang Aminasi

2

2

62.4.04.2

Bahasa Jepang Teknik

2

3

62.4.07.2

Kentei No Nihongo

2

4

60.0.12.2

Bahasa Jerman I

2

5

60.0.13.2

Bahasa Jerman II

2

6

60.0.14.2

Metode Pengajaran Bhs I

2

7

60.0.15.2

Metode Pengarajan Bhs II

2

8

60.0.16.2

Turisme I

2

9

60.0.17.2

Turisme II

2

10

60.0.18.2

Dasar-dasar Kehumasan

2

11

60.0.19.2

Human Relation

2

12

60.0.20.2

Periklanan

2

13

60.0.21.2

Design Grafis Komputer

2

14

60.0.22.2

Bahasa Korea I

2

15

60.0.23.2

Bahasa Korea II

2

SKS

30

Matakuliah pilihan minimal menempuh 2 matakuliah ( 4 sks)

 

 

 

A.   Diskripsi Matakuliah Program Studi Sastra Jepang

SEMESTER I

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Pendidikan Agama

Matakuliah ini memba-ngun dasar dan arah dalam pembentukan kepribadian mahasiswa dari aspek religiusitas, dan dengan matakuliah ini mahasiswa mampu memahami nilai nilai pokok berbagai agama di Indonesia sehingga dapat bersikap terbuka untuk bertoleransi kepada pemeluk agama lain.

3

2

Bahasa Indonesia

Matakuliah ini memberi-kan penjelasan mengenai penggunaan bahasa Indo-nesia yang benar untuk penulisan akademis pada berbagai karya ilmiah.

3

3

ISBD

 

2

4

Nihongo I

Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar ketrampilan bahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut kemudian dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus.

4

5

Enshu I

 

Dalam matakuliah ini mahasiswa diberi banyak latihan dan praktek membaca, menulis, mendengarkan, berbicara sesuai dengan Nihongo I

2

6

Hyoki

Mata kuliah ini member ikan bekal kemampuan membaca dan menulis Hiragana, Katakana dan Kanji hingga terampil sebanyak 150 huruf kanji baru serta jukugo yang terkait.

2

 

 

 

 

 

 

SEMESTER II

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Pendidikan Kewarganegaraan

Matakuliah ini membahas wawasan Ketahanan Nasional bangsa Indo-nesia dengan memberi-kan arti Wawasan Nusantara dan cara pandang bangsa Indo-nesia untuk Ketahanan Nasional

3

2

Ilmu Kealaman Dasar

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang pengembangan sikap hidup untuk memelihara alam dan menjaga harmonisasi alam dengan manusia yang merupakan bagian dari alam itu sendiri

3

3

Pranata Masyarakat Indonesia

Matakuliah ini memberi-kan bekal pengetahuan mengenai dasar-dasar, dinamika, serta proble-matika berbagai lembaga social kontemporer masyarakat Indonesia

2

4

Logika

Matakuliah ini mengarah-kan mahasiswa agar mampu berfikir dan mengkritisi proses berfikir yang jernih, lulus, konsisten, koheren dan benar dalam setiap upaya untuk  memperoleh pengetahuan yang benar secara ilmiah

2

5

Nihongo II

Mata kuliah ini memberi-kan teori dasar gramatika bahasa Jepang untuk penguasaan ketrampilan berbahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada pada mata kuliah Nihongo I. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo I. Prasyarat: Hyoki, Nihongo I, Enshu I.

4

6

Enshu II

 

Mata kuliah ini memberikan teori dasar gramatika bahasa Jepang untuk penguasaan ketrampilan berbahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada pada mata kuliah Nihongo I. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo I. Prasyarat: Hyoki, Nihongo I, Enshu I

2

7

Kanji I

Mata kuliah ini member ikan bekal kemampuan membaca dan menulis Kanji hingga terampil sebanyak 300 huruf kanji baru serta jukugo yang terkait. Setelah menem-puh mata kuliah Hyoki dan Kanji I, mahasiswa dapat menguasai dan menerapkan penggunaan Kana dan Kanji sebanyak 450 huruf. Prasyarat: Hyoki

2

8

Pendidikan Pancasila

 

9

Chokai I

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan menyimak dan mema-hami bahasa Jepang. Mahasiswa akan men-dengarkan dan mema-hami informasi bahasa Jepang dengan  pola-pola kalimat yang setara dengan yang dipelajari Nihongo Kiso II, melalui media audio dan, lalu mentransfer informasi tersebut dengan benar dengan cara menirukan. Prasyarat: Hyoki, Nihongo I

2

 

SEMESTER III

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Estetika

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman menge-nai hakekat atau esensi keindahan dan atau keharmonisan, mampu mengapresiasikan, ber-karya, menciptakan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai profesi maupun sebagai anggota masyarakat (keluarga, warga masyarakat, warga Negara dan bangsa)

2

2

Sejarah Pemikiran Modern

Matakuliah ini memberi-kan wawasan berfikir secara luas dengan mengenal sejarah pemiki-ran Barat modern dan percik-percik pemikiran Timur secara kompre-hensif dan selektif serta belajar mengenal keter-kaitan antara Sastra, pemikiran filsafat dan kebudayaan

2

3

Nihongo  III

Mata kuliah ini memberi-kan dasar-dasar ketram-pilan bahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan ber-bicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada Nihongo II. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo II.

4

4

Enshu III

Prasyarat Enshu II

2

5

Kanji II

Mata kuliah ini member ikan bekal kemampuan membaca dan menulis Kanji hingga terampil sebanyak 300 huruf kanji baru serta jukugo yang terkait. Setelah menem-puh mata kuliah Kanji  II, mahasiswa dapat me-nguasai dan menerapkan penggunaan Kana dan Kanji sebanyak 750 huruf.

2

6

Chokai II

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan menyimak dan memahami bahasa Jepang. Mahasiswa akan mendengarkan informasi menggunakan bahasa Jepang dengan  pola-pola kalimat yang setara dengan yang dipelajari Nihongo III. oleh penutur asli dalam bahasa Jepang yang alami, melalui media audio dan audio visual, lalu memahami informasi tersebut dengan benar, dan menirukan. Informasi yang disampaikan.

2

7

Dokkai I

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan membaca dan memahami bahasa Jepang.Mahasiswa akan membaca  dan mema-hami  isi dan informasi dalam bahasa Jepang  dari teks tertulis serta teori-teori memahami bacaan setara dengan pola-pola kalimat dalam Nihongo III

2

8

Kaiwa I

Mata kuliah ini memberi  pembekalan kepada mahasiswa cara-cara berkomunikasi lisan dalam bahasa Jepang. Menggunakan salam, menyampaikan informasi personal, informasi waktu, tempat, dll.

2

9

Gengogaku

Memberikan pengeta-huan mengenai hakekat bahasa, fungsi bahasa, perbandingan ilmu bahasa, mikrolinguistik dan makrolinguistik. Ter-masuk didalamnya adalah pembahasan mengenai on-in ron, onseigaku, goiron, keitairon, togoron, bunshoron, discourse analisis, goyoron, oyo gengogaku, shakai gengogaku.

2

10

Telaah Pranata Masy. Jepang

Memberikan pengeta-huan dan pemahaman mengenai kebudayaan, adat-istiadat, pemikiran-pemikiran yang men-dasari berbagai aktifitas kehidupan, dinamika, gaya hidup serta problematika sosial.  Di bahas pula di dalamnya adalah pranata keluarga, pranata Ekonomi, pranata Religi, pranata Politik.

2

 

SEMESTER IV

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Nihongo  IV

Mata kuliah ini memberi-kan dasar-dasar ketram-pilan bahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan ber-bicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada pada mata kuliah Nihongo Kiso III. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo Kiso III.

2

2

Enshu IV

 

4

3

Kanji III

Mata kuliah ini memberi-kan bekal kemampuan membaca dan menulis Kanji hingga terampil Kanji sebanyak 300 huruf kanji baru, bushu dan maknanya,  serta jukugo yang terkait. Setelah menempuh mata kuliah Kanji III, mahasiswa dapat menguasai dan menerapkan penggunaan Kana dan Kanji sebanyak 1.050 huruf.

2

4

Chokai III

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan menyimak dan mema-hami bahasa Jepang. Mahasiswa akan men-dengarkan informasi oleh penutur asli dalam bahasa Jepang yang alami, melalui media audio dan audio visual, lalu memahami informasi tersebut dengan benar, dan menirukan. Informasi yang disampaikan menggunakan bahasa Jepang dengan  pola-pola kalimat yang setara dengan yang dipelajari Nihongo Kiso IV.

2

5

Dokkai II

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan membaca dan mema-hami bahasa Jepang. Mahasiswa akan membaca  dan memaha-mi  isi dan informasi dalam bahasa Jepang  dari teks tertulis. Memahami informasi pada setiap kalimat, kohesi dan koherensi setiap paragraph dan wacana, konteks dalam sebuah wacana.

2

6

Kaiwa II

Mata kuliah ini memberi  pembekalan kepada mahasiswa cara-cara berkomunikasi lisan dalam bahasa Jepang dengan menggunakan pola-pola kalimat yang telah dipelajari dalam mata kuliah Nihongo II serta pengembangannya, dengan cara  yang tepat, termasuk pertimbangan lokasi/tempat berbicara, hubungan social antara pembicara dengan lawan bicara, dll. Mahasiswa dapat belajar bercerita, menanggapi cerita dll.

2

7

Honyaku I

Mata kuliah ini menyaji-kan teori-teori dan praktek penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang dan sebaliknya, baik pener-jemahan tulis maupun lisan. Mahasiswa diajak praktek menerjemahkan teks-teks pendek.

2

8

Onseigaku

Menyajikan pembahasan mengenai unsur-unsur fonetik, syllable, mora, dakuon, soon, aksen, prosody, prominence, dll.

2

9

Keiteiron

Memberikan pengeta-huan mengenai konsep-konsep morfem (keitai), keitaiso, pengertian dan karakteristik pemben-tukan meishi, doshi, keiyoshi, fukushi, setsu-zokushi, setsuzoku joshi, kandoshi, jodoshi dan joshi.

2

10

Aplikasi Komputer Jepang

Mata kuliah ini menyaji-kan dasar-dasar pema-kaian computer dengan menggunakan bahasa Jepang, pengetikan Kanji, serta pengaksesan yang menggunakan bahasa Jepang lainnya.

2

 

SEMESTER V

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Nihongo V

Mata kuliah ini memberi-kan dasar-dasar ketram-pilan bahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan ber-bicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada pada mata kuliah Nihongo IV. Penggunaan dan fungsi ungkapan-unkapan tertentu. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan di mantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo IV.

4

2

Kanji IV

Mata kuliah ini mem- berikan bekal kemam-puan membaca dan menulis Kanji hingga terampil sebanyak 300 huruf kanji baru, bushu dan maknanya, serta jukugo yang terkait. Setelah menempuh mata kuliah Kanji  IV, maha-siswa dapat menguasai dan menerapkan penggu-naan Kana dan Kanji sebanyak 1.350 huruf.

2

3

Chokai IV

Mata kuliah ini memberi-kan pelatihan menyimak dan memahami bahasa Jepang.Mahasiswa akan mendengarkan informasi oleh penutur asli dalam bahasa Jepang yang alami, melalui media audio dan audio visual, lalu memahami informasi tersebut dengan benar, dan menirukan. Informasi yang disampaikan meng-gunakan bahasa Jepang dengan  pola-pola kalimat yang setara dengan yang dipelajari Nihongo Chukyu I.

2

4

Dokkai  III

Mata kuliah ini memberikan pelatihan membaca dan mema-hami bahasa Jepang. Mahasiswa akan mem-baca  dan mema-hami  isi dan informasi dalam bahasa Jepang  dari teks tertulis, termasuk  artikel, berita dalam Koran, majalah, dll

2

5

Kaiwa III

Mata kuliah ini memberi  pembekalan kepada mahasiswa cara-cara berkomunikasi lisan dalam bahasa Jepang yang tepat, termasuk pertimbangan lokasi / tempat berbicara, hubungan social antara pembicara dengan lawan bicara, dll. Mahasiswa diajak praktek mengung-kapkan ide, menanggapi ide, mendiskripsikan situasi.

2

6

Honyaku II

Mata kuliah ini menyaji-kan metode-metode penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang dan sebaliknya, baik pener-jemahan tulis maupun lisan. Bahan terjemahan berupa contoh dokumen  berbagai bidang ilmu, artikel, novel, buku, dll.

2

7

Imiron

Memberikan pengeta-huan mengenai konsep-konsep makna, makna kata, idiom, peribahasa, makna morfologis, makna sintaksis, makna konteks, perubahan makna.

2

8

Togoron

 

2

9

Sakubun I

Mata kuliah ini mem-berikan bekal kemam-puan menulis (karangan), penerapan  aturan penuli-san dengan mengguna-kan genko yoshi, baik tipe yokogaki maupun tate-gaki. Tema-tema tulisan adalah seputar kegiatan sehari-hari, laporan ringan dari suatu kegiatan, hobby, dll.

2

10

Bahasa Jepang Bisnis

2

 

SEMESTER VI

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Metodologi Penelitian

Matakuliah ini memberi-kan pemahaman tentang dasar-dasar penelitian

2

2

Nihongo VI

Mata kuliah ini memberi-kan dasar-dasar ketram-pilan bahasa Jepang, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan be-rbicara pada tingkat yang lebih tinggi dari pada pada mata kuliah Nihongo Chukyu I. Masing-masing jenis ketrampilan tersebut dikembangkan dan dimantapkan dalam mata kuliah lain yang lebih khusus. Matakuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Nihongo Chukyu I.

2

3

Kanji  V

Mata kuliah ini member ikan bekal kemampuan membaca dan menulis Kanji hingga terampil sebanyak 300 huruf kanji baru, bushu dan maknanya, serta jukugo yang terkait. Setelah menempuh mata kuliah Kanji  V, mahasiswa dapat menguasai dan menerapkan penggunaan Kana dan Kanji sebanyak 1.650 huruf.

2

4

Kaiwa IV

Mata kuliah ini memberi  pembekalan kepada mahasiswa cara - cara berkomunikasi lisan dalam bahasa Jepang dengan mendiskripsikan kalimat dan abstrak dan mempresentasikan situ-asi hubungan social antara pembicara dengan lawan bicara, dll dalam meminta pendapat, mengungkapkan pendapat, dll.

2

5

Sakubun II

Mata kuliah ini member ikan bekal kemampuan menulis (karangan), penerapan  aturan penuli-san dengan mengguna-kan genko yoshi, baik tipe yokogaki maupun tate-gaki.  Tulisan dibuat dalam kwantitas lebih banyak / panjang, dengan lebih menekankan unsur kesatuan isi, kohesi, dan koherensi.

2

6

Bahasa Inggris

 

2

 

SEMESTER VII

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Kanji  VI

Mata kuliah ini membe-rikan bekal kemampuan membaca dan menulis Kanji hingga terampil sebanyak 300 huruf kanji baru, bushu dan maknanya, serta jukugo yang terkait. Setelah menempuh mata kuliah Kanji  VI, mahasiswa dapat menguasai dan menerapkan penggunaan Kana danKanji sebanyak 1.950 huruf.

2

2

Kaiwa V

Mata kuliah ini memberi-kan  pembekalan kepada mahasiswa cara-cara berkomunikasi lisan dalam bahasa Jepang mahasiswa diajak untuk berlatih mengikuti inter-view, memandu, presen-tasi dan mengungkapkan.

2

3

Sakubun III

Mata kuliah ini membe-rikan bekal kemampuan menulis (karangan), dan penerapan  aturan penulisan ilmiah, seperti  joron (yoron), honron (isi), bunseki (analisis) serta ketsuron (simpulan).Cara melakukan in-yo (mengu-tip), memanfaatkan litera-tur berupa buku, artikel dll sebagai sumber informasi dalam tulisan.

2

4

Seminar

Matakuliah ini memberi-kan bekal pemahaman dan ketrampilan mene-mukan permasalahan penelitian bahasa / linguistic Jepang dan masalah kejepangan lain untuk dibahas menjadi rencana penelitian. Juga mengasah ketrampilan membuat bahan presen-tasi, mempresentasikan ide-ide, serta berdiskusi dalam suasana ilmiah akademik.

2

5

Praktek Kerja Lapangan

Matakuliah ini merupakan praktek kerja yang memberikan pengalaman mengenai dunia kerja agar mahasiswa mem-persiapkan diri dan mampu beradaptasi didunia kerja dengan baik

2

6

Kuliah Kerja Nyata

Matakuliah ini merupakan wahana bagi mahasiswa untuk memiliki kecakapan terhadap kepekaan sosial dan bekerjasama dengan masyarakat sebagai darma bakti ilmu yang telah diperoleh

2

 

SEMESTER VIII

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Skripsi

Matakuliah ini berupa penelitian otentik maha-siswa yang diselesaikan dibawah bimbingan lang-sung dosen

6

 

MATA KULIAH PILIHAN

 

NO

MATAKULIAH

DISKRIPSI

SKS

1

Bahasa Jerman I

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mam-pu berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana dalam berba-gai situasi dan menga-jarkan bagaimana mem-buat kalimat dengan menggunakan pola kali-mat dasar

2

2

Bahasa Jerman II

Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk mam-pu berbicara dengan menggunakan kalimat yang lebih panjang dan mengajarkan pola kali-mat yang lebih rumit

2

3

Bahasa Jepang Aminasi

Membahas bahasa Jepang yang digunakan dalam komik serta aminasi beserta berba-gai karakteristiknya dan perbedaan dari bahasa Jepang umumnya.

2

4

Bahasa Jepang Teknik

Memperkenalkan baha-sa Jepang yang secara spesifik digunakan dalam bidang Tehnik supaya jika mahasiswa telah lulus dan bekerja dalam bidang tehnik atau menerjemahkan dapat mengenal lebih awal.

2

5

Met. Pengajaran Bahasa I

Matakuliah ini memberi-kan pengetahuan ten-tang berbagai metode mengajar dan bagai-mana penerapannya

2

6

Met. Pengajaran Bahasa II

Matakuliah ini mengajar-kan tentang persiapan mengajar dan evaluasi hasil mengajar

2

7

Turisme I

Matakuliah ini mengenal-kan liku-liku perenca-naan dan perjalanan wisata dan bagaimana memecahkan masalah yang muncul.

2

8

Turisme II

Matakuliah ini mengajar-kan pembuatan rencana perjalanan wisata

2

9

Dasar-dasar Kehumasan

Matakuliah ini memberi-kan pengertian dan perkembangan humas, humas sebagai suatu kegiatan profesi, tujuan dan fungsi humas, proses komunikasi dalam humas, ruang lingkup humas, serta humas dan opini publik

2

10

Human Relation

Matakuliah ini membe-kali mahasiswa kemam-puan berkomunikasi secara personal dengan orang dan kelompok lain, baik yang memiliki kesamaan maupun perbedaan budaya, agar mahasiswa memiliki konsep dan perspektif yang berkaitan dengan komunikasi inter-personal, yakni konsep dasar, proses, dan prinsip-prinsip komuni-kasi, system komunikasi intra personal dan interpersonal; serta ciri-ciri, sifat, perkemba-ngan, dan model komunikasi interpersonal

2

11

Bahasa Korea I

Memperkenalkan cara-cara salam

2

12

Bahasa Korea II

Melatih ketrampilan dasar berbahasa Korea: membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara

2

 

 

 

  1. Matakuliah Pra Syarat

Program Studi Sastra Jepang

 

SEMESTER I

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

00.1.01.3

Agama Islam

3

W

PAKET

 

00.1.02.3

Agama Katholik

3

W

 

00.1.03.3

Agama Kristen Protestan

3

W

 

00.1.04.3

Agama Hindu

3

W

 

00.1.05.3

Agama Budha

3

W

2

00.1.07.3

Bahasa Indonesia

3

W

3

00.0.10.2

Pendidikan Pancasila

2

W

4

00.5.01.3

ISBD

3

W

5

62.2.09.6

Nihongo  I

6

W*

6

62.2.25.2

Enshu I

2

W*

7

62.3.01.2

Hyoki

2

W*

JUMLAH 21 (Mata Kuliah Wajib Lulus Minimal C)

 

 

 

 

 

 

SEMESTER II

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

00.1.06.3

Pend. Kewarganegaraan

3

W

 

2

00.5.02.3

Ilmu Kealaman Dasar

3

W

 

3

60.0.02.2

Pranata Masy. Indonesia

2

W

 

4

60.0.03.2

Logika

2

W

 

5

62.2.10.6

Nihongo  II

6

W*

Lulus MK Nihongo I & Enshu I min. C

6

62.2.26.2

Enshu II

2

W*

Lulus MK Nihongo I & Enshu I min. C

7

62.3.02.2

Kanji I

2

W*

Lulus MK Hyoki min. C

8

62.2.21.2

Chokai I

2

W*

Lulus MK Nihongo I & Enshu I min. C

JUMLAH                                              22

 

 

SEMESTER III

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

60.0.05.2

Estetika

2

W

 

2

60.0.06.2

Sejarah Pemikiran Modern

2

W

 

3

62.2.11.6

Nihongo  III

6

W*

Lulus MK Nihongo II & Enshu II min. C

4

62.2.27.2

Enshu III

2

W*

Lulus MK Nihongo II & Enshu II min. C

5

62.3.03.2

Kanji II

2

W*

Lulus MK Kanji I min. C

6

62.2.22.2

Chokai II

2

W*

Lulus MK Chokai I min. C

7

62.3.14.2

Dokkai I

2

W*

Lulus MK Nihongo II & Enshu II min. C

8

62.2.15.2

Kaiwa I

2

W*

Lulus MK Nihongo II & Enshu II min. C

9

62.3.18.2

Gengogaku

2

W**

Lulus MK Nihongo I & Enshu I min. C

10

62.4.05.2

Telaah Pranata Masyarakat Jepang

2

W

-

JUMLAH                                              24

 

 

 

SEMESTER IV

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

62.2.12.6

Nihongo IV

6

W*

Lulus MK Nihongo III & Enshu III min. C

2

62.2.28.2

Enshu IV

2

W*

Lulus MK Nihongo III & Enshu III min. C

3

62.3.04.2

Kanji III

2

W*

Lulus MK Kanji II min. C

4

62.2.23.2

Chokai III

2

W*

Lulus MK Chokai II min. C

5

62.3.15.2

Dokkai II

2

W*

Lulus MK Dokkai I min. C

6

62.2.16.2

Kaiwa II

2

W*

Lulus MK Kaiwa I min. C

7

62.3.08.2

Honyaku I

2

W**

Lulus MK Nihongo III & Enshu III min. C

8

62.3.22.2

Onseigaku

2

W**

Lulus MK Gengogaku,  Nihongo III & Enshu III

min. C

9

62.3.19.2

Keitairon

2

W**

Lulus MK Gengogaku,  Nihongo III & Enshu III

min. C

10

62.4.06.2

Aplikasi Komputer Jepang

2

W**

Lulus MK  Nihongo II & Enshu II min. C

JUMLAH                                              24

 

 

 

SEMESTER V

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

62.2.13.4

Nihongo V

4

W*

Lulus MK Nihongo IV & Enshu IV min. C

2

62.3.05.2

Kanji IV

2

W*

Lulus MK Kanji III min. C

3

62.2.24.2

Chokai IV

2

W*

Lulus MK Chokai III min. C

4

62.3.16.2

Dokkai III

2

W*

Lulus MK Dokkai II min. C

5

62.2.17.2

Kaiwa III

2

W*

Lulus MK Kaiwa II min. C

6

62.3.09.2

Honyaku II

2

W**

Lulus MK Honyaku I min. C

7

62.3.20.2

Imiron

2

W**

Lulus MK Gengogaku,  Nihongo III & Enshu III  min. C

8

62.3.24.2

Togoron

2

W**

Lulus MK Gengogaku,  Nihongo III & Enshu III min. C

9

62.3.10.2

Sakubun I

2

W*

N4 atau setara

JUMLAH                                              20

 

 

 

SEMESTER VI

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

60.0.07.2

Metodologi Penelitian

2

W

-

2

62.2.14.4

Nihongo VI

4

W*

Lulus MK Nihongo V min. C

3

62.3.06.2

Kanji V

2

W*

Lulus MK Kanji IV min. C

4

62.2.18.2

Kaiwa IV

2

W*

Lulus MK Kaiwa III min. C

5

62.3.11.2

Sakubun II

2

W*

Lulus MK Sakubun I min. C

6

62.5.04.2

Bahasa Inggris

2

W

Telah menempuh 100 SKS

JUMLAH                                              14

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER VII

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

62.3.07.2

Kanji VI

2

W*

Lulus MK Kanji V min. C

2

62.2.19.2

Kaiwa V

2

W*

Lulus MK Kaiwa IV min. C

3

62.3.12.2

Sakubun III

2

W*

Lulus MK Sakubun II min. C

4

62.4.01.2

Bahasa Jepang Bisnis

2

W**

Lulus MK Gengogaku,  Nihongo IV, Kanji III, Enshu IV, Choukai III min. C

5

62.4.01.2

Seminar

2

W

Lulus MK Onseigaku, Imiron, Togoron, Keitairon min. C

6

60.0.08.2

Praktek Kerja Lapangan

2

W*

-

7

00.5.03.2

Kuliah Kerja Nyata

2

W

-

JUMLAH                                              14

 

 

SEMESTER VIII

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

60.0.09.6

Tugas Akhir (TA)

6

W

Lulus MK Seminar & Lulus UKBJ Level 3 atau setara

JUMLAH                                              6

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

STATUS

PRASYARAT

1

62.4.02.2

Bahasa Jepang Aminasi

2

P

Lulus MK Nihongo IV & Kanji III min C

2

62.4.04.2

Bahasa Jepang Teknik

2

P

Lulus MK Nihongo V & Kanji IV min C

3

62.4.07.2

Kentei No Nihongo

2

P

Lulus MK Nihongo V & Kanji IV min C

4

60.0.12.2

Bahasa Jerman I

2

P

-

5

60.0.13.2

Bahasa Jerman II

2

P

Lulus Bahasa Jerman I min C

6

60.0.14.2

Metode Pengajaran Bahasa I

2

P

-

7

60.0.15.2

Metode Pengarajan Bahasa II

2

P

Lulus MPB I min C

8

60.0.16.2

Turisme I

2

P

-

9

60.0.17.2

Turisme II

2

P

Lulus Turisme I min C

10

60.0.18.2

Dasar-dasar Kehumasan

2

P

-

11

60.0.19.2

Human Relation

2

P

Lulus Dasar-dasar Kehumasan min C

12

60.0.20.2

Periklanan

2

P

-

13

60.0.21.2

Design Grafis Komputer

2

P

-

 

Keterangan:

W         = Wajib (wajib ambil dan lulus)

W*        = Wajib Keilmuan (sesuai minat ilmu)

W**       = Wajib Kompetensi (sesuai kompetensi)

P          = Pilihan (wajib ambil dan lulus 4 sks)

 

 

BAB IV

 PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya merupakan kelengkapan organisasi kemahasiswaan nonstruktural di Fakultas Sastra dan berfungsi sebagai forum:

  • Perwakilan mahasiswa di tingkat Fakultas Sastra  menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa dalam lingkungan;
  • Perencanaan dan penetapan garis-garis besar program kegiatan kemahasiswaan di tingkat Fakultas Sastra;
  • Komunikasi antar organisasi kemahasiswaan, himpunan jurusan program studi dan unit-unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Fakultas Sastra dan Untag Surabaya;
  • Koordinasi kegiatan ekstrakurikuler di tingkat Fakultas Sastra;
  • Pengembangan keterampilan manajemen mahasiwa.

 

DPM Fakultas Sastra mengkoordinasikan beberapa kegiatan organisasi kegiatan sebagai berikut :

●  HMJ Sastra Inggris (HIMASI).

●  HMJ Sastra Jepang (HIMAWARI)

 

BAB V

ETIKA, HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA

 

5.1  Etika Mahasiswa

Etika mahasiswa adalah kode etik, kode moral, pedoman bertingkah laku bagi mahasiswa Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bersumber pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

 

5.2 Hak Mahasiswa

Setiap mahasiswa Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki hak-hak sebagai berikut:

1)     Menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan susila yang berlaku dalam lingkungan akademik.

2)     Memperoleh pengajaran sebaik-baiknya dan layanan bidang akademik sesuai dengan minat, bakat, kegemaran dan kemampuan.

3)     Memanfaatkan fasilitas perguruan tinggi dalam rangka kelancaran proses belajar.

4)     Mendapat bimbingan dari dosen yang bertanggungjawab atas program studi yang diikutinya dalam penyelesaian studinya.

5)     Memperoleh layanan informasi yang berkaitan dengan program studi yang diikutinya serta hasil belajarnya.

6)     Menyelesaikan studi lebih awal dari jadwal yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

7)     Memperoleh layanan kesejahteraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8)     Memanfaatkan sumber daya perguruan tinggi melalui perwakilan/organisasi kemahasiswaan untuk mengurus dan mengatur kesejahteraan, minat dan tata kehidupan bermasyarakat.

9)     Pindah ke program studi lain pada perguruan tinggi yang sama bilamana memenuhi persyaratan penerimaan mahasiswa pada program studi yang hendak dimasuki dan bilamana daya tampung program yang bersangkutan memungkinkan.

10)   Pindah ke perguruan tinggi lain

11)   Ikut serta dalam kegiatan organisasi mahasiswa dilingkungan Fakultas Sastra dan perguruan tinggi yang bersangkutan.

 

5.3  Kewajiban Mahasiswa

Setiap mahasiswa Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki kewajiban sebagai berikut:

1)    menjunjung tinggi nama almamater;

2)    menghargai ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian;

3)    berperilaku sesuai dengan norma-norma susila dan sopan santun yang berlaku dalam masyarakat;

4)    berlaku jujur, disiplin, bersemangat dan menghargai pendapat orang lain;

5)    menghargai pengelola satuan pendidikan, tenaga edukatif, pelaksana administrasi dan tenaga penunjang umum;

6)    menghargai sesama manusia;

7)    mematuhi peraturan yang berlaku.

 

5.4  Sanksi Akademik

Tertib proses penyelenggaraan pendidikan adalah syarat mutlak untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan untuk menjamin tercapainya mutu pendidikan. Tertib proses pendidikan wajib dijaga dan diusahakan terus peningkatannya. Semua yang terlibat dalam proses pendidikan wajib mentaati semua ketentuan akademik serta administrasi akademik dan tata tertib kehidupan kampus. Terhadap semua pelanggaran, baik pelanggaran ketertiban kampus, maupun pelanggaran administrasi dan akademik dapat dikenakan sanksi akademik sesuai dengan etika pendidikan.

Sanksi akademik ialah hukuman akademik yang dikenakan kepada mahasiswa yang melakukan pelanggaran baik pelanggaran ketertiban kampus maupun pelanggaran administrasi dan akademik. Sanksi akademik dapat dikenakan terhadap perbuatan:

1)     mengeluarkan pernyataan tidak benar yang ditulis dalam formulir biodata, yang akan dikenakan teguran lisan dan tertulis;

2)     memalsukan dokumen atau berkas pendaftaran dikenakan sanksi teguran atau pemecatan sebagai mahasiswa Fakultas Sastra Untag Surabaya;

3)     tidak melakukan kewajiban keuangan tepat pada waktunya tidak diperkenankan mengikuti semua kegiatan akademik;

4)     tidak melakukan pendaftaran administrasi dan pendaftaran akademik tidak diperkenankan mengikuti semua kegiatan akademik pada semester bersangkutan; apabila memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan akademik, perkuliahan, dan ujian, maka yang bersangkutan dianggap tidak hadir;

5)     telah mengisi KRS, tetapi tidak mengikuti kegiatan akademik, dan tidak cuti akademik, pada akhir semester akan memperoleh nilai E untuk semua mata kuliah yang direncanakan dan diperhitungkan dalam IP;

6)     mengganggu tata tertib perkuliahan dapat dikeluarkan dari ruang kuliah dan berakibat negatif bagi nilai mata kuliah bersangkutan;

7)     tidak menaati tata tertib ujian atau melakukan kecurangan, yang akan dikenakan sanksi:

(a)    teguran,

(b)    tidak diperbolehkan mengikuti ujian,

(c)    ujian dibatalkan dan memperoleh nilai E;

8)     pemalsuan akademik seperti penyontekan, jiplakan skripsi dan lain-lain, dan semua bentuk kecurangan akademik baik yang dilakukan dalam mengikuti perkuliahan maupun dalam ujian dapat dikenakan tindakan:

a)      pembatalan ujian atau skripsi atau karya ilmiahnya;

b)      dikeluarkan dari Fakultas Sastra Untag Surabaya;

9)       Pemalsuan Kartu Hasil Studi, pemalsuan Transkrip/Keterangan Nilai, dan pemalsuan ijazah dikenakan sanksi:

a)      dikeluarkan dari Fakultas Sastra Untag Surabaya

b)      dilaporkan kepada Kepolisian sebagai tindak pelanggaran pidana.

 

Semua pelanggaran tata tertib kehidupan kampus atau yang merusak kehidupan kampus akan dikenakan tindakan: 

1)     skorsing atau larangan mengikuti kegiatan akademik;

2)     diserahkan kepada yang berwajib;

3)     dikeluarkan dari Fakultas Sastra Untag Surabaya.

 

5.5      Tata Tertib Ujian

5.5.1 Ketentuan Umum

Ketentuan umum ujian adalah sebagai berikut.

1)     Peserta ujian diwajibkan hadir 15 menit sebelum ujian dimulai untuk :

2)     Menandatangani daftar hadir ujian,

3)     Memperlihatkan KARTU UJIAN yang sah pada semester yang bersangkutan.

4)     Peserta ujian hanya dibenarkan membawa hal-hal atau alat-alat yang diperlukan dan diperkenankan untuk kepentingan ujian.

5)     Para peserta ujian yang sudah masuk ruang dan menerima soal tidak diperkenankan membatalkan ujian, apapun yang dilakukannya dia dianggap telah mengikuti ujian dan dikenakan penilaian.

6)     Peserta ujian dapat mengajukan pertanyaan kepada pengawas ujian hanya mengenai hal-hal yang menyangkut redaksi dan teks ujian tanpa mengganggu kelancaran penyelenggaraan ujian.

 

5.5.2  Larangan dalam Ujian

Setiap mahasiswa dilarang melakukan serangkaian tindakan selama penyelenggaraan ujian (UTS, UAS) sebagai berikut:

1)     mengganggu jalannya ujian;

2)     mencontoh pekerjaan ujian peserta lainnya (nyontek);

3)     berbicara/berbisik-bisik dengan peserta lain;

4)     meninggalkan tempat ujian tanpa izin pengawas;

5)     membawa dan menggunakan mesin/alat hitung, buku, diktat, catatan dan lain sebagainya kecuali bila diizinkan, diperlukan, dan tercantum secara tertulis dalam soal ujian sebelum ujian dimulai;

6)     berbagai tindakan yang lazim terlarang karena mengganggu aktivitas perkuliahan di ruang/kelas, misalnya merokok, membuang sampah, berteriak-teriak, dll.

 

5.5.3  Sanksi-Sanksi Pelanggaran Ujian

Mahasiswa peserta ujian yang tidak mematuhi tata tertib ujianakan dikenakan sanksi dengan ketentuan sebagai berikut:

 

1)     Peserta yang tidak mematuhi tata tertib ujian dapat dikenakan sanksi sesuai dengan berat ringannya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan.

2)     Penindakan sanksi didasarkan atas berita acara khusus yang dtandatangani sekurang-kurangnya 2 (dua) orang pengawas serta dilampiri pekerjaan ujian mahasiswa yang bersangkutan sebagai bukti.

3)     Berita acara khusus tersebut dibuat bila pengawas telah memberikan peringatan teguran sedikitnya 2 (dua) kali namun tidak diindahkan peserta ujian yang bersangkutan.

4)     Peserta ujian yang melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi tata tertib akan dipanggil dan keputusan sanksi diberikan oleh Pimpinan Fakultas.

 

Adapun sanksi yang dikenakan dapat berupa hal-hal berikut:

1)    pembatalan ujian mata kuliah yang ditempuh pada saat pelanggaran;

2)    tidak diperkenankan mengikuti ujian yang tersisa;

3)    pembatalan ujian yang pernah diikuti pada masa ujian tersebut;

4)    tidak diperkenankan aktif pada semester berikutnya;

5)    dikeluarkan dari Fakultas Sastra Untag Surabaya.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR KODE JAM KULIAH

 

KODE

JAM KULIAH

KETERANGAN

11

07.00 – 07.50

PAGI HARI

12

07.50 – 08.40

13

08.40 – 09.30

14

09.30 – 10.20

15

10.20 – 11.10

16

11.10 – 12.00

SIANG HARI

17

12.00 – 12.50

18

12.50 – 13.40

19

13.40 – 14.30

20

14.30 – 15.20

21

15.20 – 16.10

SORE/

MALAM HARI

22

16.10 – 17.00

23

17.00 – 17.45

24

17.45 – 18.30

25

18.30 – 19.15

26

19.15 – 20.00

27

20.00 – 20.45

28

20.45 – 21.30

Seminar Hiski 2017 Untag Surabaya

Seminar HISKI 2017

GUEST ONLINE

We have 26 guests and no members online

Search

 

Articles View Hits
123567

Pengumuman

Contact Us

FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Jl.Semolowaru 45 Surabaya

Telepon : 031-5931800 (Hunting)

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web: www, untag-sby.ac.id