Sistem Pendidikan

 

SISTEM PENDIDIKAN 


 

Cara Penyelenggaraan Pendidikan

Kompetensi Strata Satu (S1) adalah seperangkat pengetahuan/keterampilan yang siap untuk dikembangkan setelah mahasiswa menyelesaikan program S1 tersebut.Berdasarkan kompetensi tersebut, disusun kurikulum dengan tujuan instruksional serta pokok-pokok bahasannya. Sistem pendidikan berdasarkan kompetensi dimaksud dikenal dengan namaSistem Kredit Semester (SKS). Dalam penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Kredit Semester, beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga/unit pendidikan dinyatakan dalam kredit.

Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan durasi program jenjang pendidikan.Program jenjang pendidikan lengkap dari awal sampai akhir dibagi dalam penyelenggaraan semesteran.Usaha mahasiswa dalam menyelesaikan program satu jenjang lengkap, dibagi ke dalam usaha semesteran.Setiap awal semester seorang mahasiswa harus merencanakan program studinya pada semester itu dan harus bersedia dievaluasi keberhasilannya pada setiap akhir semester.

Penyelenggaraan pendidikan semester dalam bentuk kuliah, Praktik Kerja Lapangan, Kuliah Kerja Nyata dan Skripsiakan diumumkan pada setiap awal semester. Satu semester setara dengan 14-16 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya berikut 2-4 minggu kegiatan evaluasi semester terbagi menjadi 2 yakni semester gasal dan semester genap.Jenjang lengkap program pendidikan Sarjana S-1 maksimal 14 semeter termasuk cuti/tidak aktif terhitung mulai saat mahasiswa tersebut untuk pertama kalinya terdaftar sebagai mahasiswa. Lama studi kumulatif ini dapat menjadi lebih singkat, yaitu 7-8 semester (3,5 – 4 tahun), tergantung dari kemampuan mahasiswa.

Untuk memperlancar studi mahasiswa,mata kuliah Kuliah Kerja Nyata, PKL, dan Skripsi diselenggarakan pada setiap semester dengan mengikuti apa yang ditetapkan oleh program studi & pembimbing yang bersangkutan.

Dalam melaksanakan tugas institusional penyelenggaraan fungsi pendidikan tinggi, takaran besar beban kerja bagi tenaga edukatif/pengajar/dosen disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Sistem kredit berarti sistem penghargaan terhadap prestasi, diantaranya prestasi mahasiswa dalam bidang pengalaman belajar dalam rangka memenuhi syarat-syarat program pendidikan yang diikuti.Satu sks kuliah setara dengan 50 menit kegiatan akademik tatap muka terjadwal, 50 kegiatan akademik terstruktur, 50 menit kegiatan mahasiswa yang mandiri. Satu sks kerja lapangan setara dengan 200 menit kegiatan kerja lapangan, 50 menit akademik terstruktur, dan 50 menit kegiatan akademik mahasiswa yang mandiri.

 

Ujian

Penyelenggaraan ujian dimaksudkan untuk: (1) menilai apakah mahasiswa telah memahami atau menguasai bahan kajian yang disajikan dalam kuliah, (2) mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa golongan berdasarkan kemampuan, (3) menilai apakah bahan kuliah disajikan sesuai dengan kurikulum, dan (4) mengetahui apakah cara penyajian dosen cukup baik.

Evaluasi tengah semester diadakan setelah selesai pembahasan beberapa pokok bahasan sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Evaluasi akhir semester diadakan setelah semua bahan perkuliahan diberikan dalam semester tersebut. Evaluasi dapat dilaksanakan dalam bentuk tertulis, lisan, seminar, pemberian tugas, penulisan karangan, sesuai dengan jenis mata kuliah dan capaian pembelajaran.

 

Ujian Mata Kuliah

Ujian untuk setiap mata kuliah terdiri dari dua bentuk yaitu Evaluasi tengah semester (ETS) dan Evaluasi akhir semester (EAS).ETS dan EAS dilaksanakan masing-masing hanya satu kali tiap semester yang bersangkutan.

 

Ujian Skripsi

Ujian skripsi dilakukan terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan penyusunan Skripsi.Mekanisme Ujian Skripsi diatur dalam buku Panduan Skripsi masing-masing Program Studi.

 

Hak Mengikuti Ujian

Hak untuk mengikuti ujian diberikan kepada: (1) mahasiswa Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang terdaftar secara administratif pada semester atau tahun perkuliahan yang berjalan dan terdaftar untuk mata kuliah atau ujian yang bersangkutan; (2) mahasiswa yang tidak terkena sanksi akademis, dan tidak sedang cuti kuliah; (3) memenuhi persyaratan akademis lainnya misal syarat kehadiran kuliah minimal 70% dll, yang ditetapkan kemudian; (4) telah menyelesaikan semua kewajiban administrasi/keuangan.

 

Sistem Penilaian

Pedoman penilaian keberhasilan dinyatakan dalam bentuk huruf A, A-, A/B, B+, B, B-, BC, C+, C, C-, C/D, D, dan E.   Komposisi penilaian yang diberikan kepada seorang mahasiswa meliputi: tugas, evaluasi tengah semester, evaluasi akhir semester.

Acuan penilaian suatu mata kuliah dapat dilakukan menurut Penilaian Acuan Patokan (PAP).Acuan penilaian PAP terutama dikenakan pada mata kuliah keahlian yang menitik beratkan pembinaan kemampuan psikometrik profesional mahasiswa.Acuan mana yang digunakan untuk suatu Mata Kuliah diumumkan pada permulaan kuliah.

 


 

 


Informasi :
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Telp. 031-5921516 ; email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.